Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Untuk meningkatkan Kualitas Pembelajaran matematika Pada Sisa Kelas XI Multimedia 1 SMK Negeri 4 Pinrang.

JUMATI, JUMATI (2015) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Untuk meningkatkan Kualitas Pembelajaran matematika Pada Sisa Kelas XI Multimedia 1 SMK Negeri 4 Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL JUM.docx

Download (39kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan kualitas pembelajaran matematika siswa melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dengan pendekatan saintifik siswa kelas XI Multimedia 1 SMK Negeri 4 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) , yaang dilaksanakan sebanyak tiga siklus yang masing-masing berlangsung 5 kali pertemuan, dengan materi Trigonometri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia 1 SMK Negeri 4 Pinrang Kabupaten Pinrang sebanyak 24 siswa. Indikator yang digunakan (1) Nilai hasil belajar matematika siswa yang diperoleh dari hasil tes setiap akhir siklus, mengalami peningkatan hingga mencapai atau melampaui KKM, yaitu ≥70 dan ketuntasan klasikal tercapai jika minimal 85% mencapai ≥70, (2) Kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh aktivitas siswa, mencapai kategori minimal baik yaitu skor ( 80% - 89%), dan (3) Respon siswa terhadap kegiatan proses pembelajaran yang dialaminya, mencapai lebih dari 50% siswa memberi respon positif terhadap minimal 70% dari jumlah aspek yang ditanyakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pembelajaran matematika melalui penerapan model PBL dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa secara klasikal, pada Siklus I ketuntasan klasikal diperoleh 63%, pada Siklus II meningkat menjadi 83% dan pada Siklus III meningkat menjadi 96% dari jumlah siswa yang mengikuti tes, (2) pembelajaran matematika melalui penerapan model PBL dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran, yang ditunjukkan oleh aktivitas siswa, pada Siklus I sebesar 67% dengan kategori cukup, pada Siklus II meningkat menjadi 78%berada pada kategori cukup dan pada Siklus III meningkat menjadi 89% berada pada kategori baik., (3) respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran matematika melalui model PBL dengan pendekatan saintifik dari 8 aspek yang ditanyakan kepada siswa, setiap aspek minimal siswa meberikan respons positif sebesar 75% yakni pada aspek apakah Anda menyukai LKS pada saat pembelajaran model PBL dengan pendekatan saintifik, sedang 7 aspek yang lain diatas 79%. Rata-rata persentase respons positif sebesar 84%. Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, pendekatan saintifik, pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Apr 2018 08:57
Last Modified: 20 Apr 2018 08:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7762

Actions (login required)

View Item View Item