Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Berbantuan e-Learning pada Materi Pokok Titrasi Asam Basa di Kelas XI SMA

Suhartini, Suhartini (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Berbantuan e-Learning pada Materi Pokok Titrasi Asam Basa di Kelas XI SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SUHARTINI..doc

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK SUHARTINI. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Berbantuan e-Learning pada Materi Pokok Titrasi Asam Basa di Kelas XI SMA (dibimbing oleh Ramlawati dan Sumiati Side). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model inkuiri berbantuan e-Learning yang valid, praktis, dan efektif pada materi pokok titrasi asam basa. Pengembangan perangkat pembelajaran materi pokok titrasi asam basa berpedoman pada langkah-langkah pengembangan model Dick and Carey yang terbagi dalam sepuluh tahapan yaitu: identifikasi tujuan, melakukan analisis instruksional, mengidentifikasi tingkah laku awal, merumuskan tujuan kinerja, mengembangkan tes acuan patokan, mengembangkan strategi pembelajaran, memilih bahan pelajaran, melaksanakan evaluasi formatif, merevisi pengajaran, dan melaksanakan evaluasi sumatif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Peserta Didik (BPD), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Tes Hasil Belajar (THB), dan media pembelajaran, divalidasi oleh 2 orang ahli dengan hasil penilaian berada pada kategori valid. Hasil analisis keterlaksanaan perangkat pembelajaran yang dilakukan dengan metode Hobri menggunakan lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,31 dan memenuhi kriteria praktis. Tingkat keberhasilan dalam uji coba lapangan menunjukkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 17 Makassar adalah 60%. Adapun aktivitas peserta didik dan respon peserta didik, serta kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori tinggi tetapi belum memenuhi kriteria keefektifan karena ketuntasan tes hasil belajar masih < 80%. Berdasarkan kriteria yang digunakan untuk menilai perangkat pembelajaran yang dihasilkan, maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis tetapi masih kurang efektif. Kata kunci: inkuiri, Dick and Carey, e-Learning, dan titrasi. ABSTRACT SUHARTINI. 2014. Development of Learning Tools of e-Learning based Inquiry Model on Acid-Base Titration Lesson Material in Class XI at SMA (supervised by Ramlawati and Sumiati Side). The study aims at producing learning tools of e-Learning based inquiry model which is valid, practical, and effective on acid-base titration lesson material. The development of learning tools referred to Dick and Carey development model which consisted of ten phases, namely identifying the goals, conducted instructional analysis, identifying the initial attitudes, formulating the objective of performance, development of standard test, development of learning strategy, selection of learning materials, conducted formative evaluation, teaching revision, and conducted summative evaluation. The learning tools developed consisted of lesson plan, students’ textbook, students’ worksheet, test of learning result, and learning media, which were validated by two experts, and the result was in quite valid category. The result of the implementation tools conducted using Hobri method by employing questionnaire sheet was in high category with the mean 3,31 and fulfilled the criteria of practical. The level of success in tryout shows that learning completeness of class XI IPA 2 students at SMAN 17 was 60%. Students’ activities, responses, and teachers’ ability in managing the learning were in high category but it has not fulfilled the criteria of effective because the mastery of learning result was < 80%. Based on the criteria used to evaluate the learning tools produced, it was confirmed that the learning tools has fulfilled the criteria of valid and practical but still less effective. Keywords: inquiry, Dick and Carey, e-Learning, dan titration.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Jun 2016 03:09
Last Modified: 30 Nov 2016 11:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/776

Actions (login required)

View Item View Item