Pengembangan Media Promosi SMK untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMP terhadap Kompetensi Keahlian yang ada di SMK

MA’RUF, MA’RUF (2017) Pengembangan Media Promosi SMK untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMP terhadap Kompetensi Keahlian yang ada di SMK. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Archive
TESIS JADI.zip

Download (27MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan Media Promosi SMK ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tahap-tahap pengembangan Pengembangan Media Promosi SMK untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMP terhadap Kompetensi Keahlian yang ada di SMK, (2) mengetahui kualitas Media Promosi SMK yang valid, efektif dan praktis untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMP terhadap Kompetensi Keahlian yang ada di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dan menggunakan model pengembangan yang mengacu pada Sugiyono yang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) Tahap studi pendahulan (2) Tahap perencanaan dan pengembangan media (3) Tahap uji coba dan revisi. Subjek uji coba adalah siswa SMP kelas IX di SMP UMI Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media promosi SMK yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall: (1) Tahap studi pendahuluan yaitu melakukan pengumpulan data di lapangan dan melakukan studi pustaka yaitu mengumpulkan materi yang berkaitan dengan video promosi (2) Tahap perencanaan dan pengembangan media yaitu merumuskan rencana pengembangan, tujuan, dan desain awal. Selanjutnya adalah realisasi rancangan produk (3) Tahap uji coba dan revisi yaitu uji ahli atau validasi kemudian diuji cobakan pada uji coba one to one, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan pada pelaksanaan penelitian. Media promosi SMK telah memenuhi kriteria kevalidan yaitu video promosi SMK, angket respon peserta didik, angket respon orang tua, soal pretest dan postest yang berada pada kategori sangat valid . Media promosi SMK efektif dan layak digunakan berdasarkan hasil pretest dan postest yang menunjukkan peningkatan serta memenuhi standar KKM, media promosi SMK dikatakan praktis berdasarkan respon peserta peserta dan respon orang tua yang berada dalam kategori sangat baik. Selanjutnya media promosi SMK disarankan agar dapat digunakan di SMK sebagai media promosi pada penerimaan siswa baru.. Kata Kunci : Pengembangan , Media Promosi SMK, Pemahaman Siswa SMP

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Apr 2018 08:43
Last Modified: 20 Apr 2018 08:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7756

Actions (login required)

View Item View Item