Faktor-faktor yang Memengaruhi Kompetensi serta dan Implikasinya terhadap Penguatan Kapasitas Guru Bimbingan Konseling di Sulawesi Selatan

PANDANG, ABDULLAH (2018) Faktor-faktor yang Memengaruhi Kompetensi serta dan Implikasinya terhadap Penguatan Kapasitas Guru Bimbingan Konseling di Sulawesi Selatan. S3 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Journal Artikel Abdullah Pandang.pdf

Download (641kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian disertasi ini dirancang untuk mengetahui pengaruh faktor usia, pengalaman kerja, latar pendidikan, dan pengalaman sertifikasi terhadap hasil uji kompetensi serta implikasinya terhadap peningkatan kompetensi guru bimbingan konseling di Sulawesi Selatan. Penelitian menggunakan rancangan kuantitatif dikombinasi dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian adalah guru bimbingan konseling yang mengikuti uji kompetensi guru (UKG) tahun 2015, berjumlah 1949 orang. Sampel sebanyak 322 atau 16.22% dari populasi diambil menggunakan teknik proporsional random sampling dengan memperhatikan keterwakilan secara proporsial guru BK jenjang SMP, SMA, dan SMK, serta keterwakilan 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Data hasil uji kompetensi menggunakan data hasil UKG dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Studi pendalaman dilakukan melalui wawancara dan FGD terhadap guru BK, pengelola musyawarah guru bimbingan konseling (MGBK), instruktur dan pelatihan bimbingan konseling, dan pengawas bidang bimbingan konseling. Analisis data mencakup analisis deskriptif, analisis kualitatif, dan analisis statistik inferensial dengan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai rerata UKG guru BK Sulawesi Selatan telah berada di atas standar kompetensi minimal (SKM) tahun 2015 namun masih jauh dari target SKM untuk dicapai pada akhir 2019. Guru BK membutuhkan penguatan pada semua butir kompetensi yang tercakup dalam sepuluh kompetensi inti konselor. (2) Hasil uji hipotesis menunjukkan faktor usia memiliki pengaruh negatif signifikan, sementara latar pendidikan dan pengalaman sertifikasi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap hasil UKG guru BK. Faktor pengalaman kerja tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap hasil UKG guru BK. (3) Implikasi hasil penelitian terhadap penguatan kompetensi guru BK di Sulawesi Selatan, mencakup: target penguatan harus meliputi seluruh aspek kompetensi inti, menggunakan pendekatan berpusat guru dan berorientasi produk, pelaksanaan memperhatikan kalender akademik sekolah, dan melibatkan narasumber kombinasi pakar dan praktisi di bidang BK.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Apr 2018 08:38
Last Modified: 20 Apr 2018 08:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7755

Actions (login required)

View Item View Item