Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Materi Larutan Penyangga

Sriyanti, Sriyanti (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Materi Larutan Penyangga. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SRIYANTI..docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK SRIYANTI. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Materi Larutan Penyangga (dibimbing oleh Pince Salempa dan Muhammad Yudi). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi larutan penyangga yang meliputi Buku Siswa, Lembar Kegiatan Siswa, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk siswa kelas XI SMA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran Thiagarajan (Model 4-D), yang terdiri dari tahapan pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran kooperatif tipe TPS yang telah dikembangkan, telah divalidasi oleh dua orang ahli dengan mengalami revisi sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Uji coba dilakukan di SMA Negeri 1 Sungguminasa pada kelas XI IPA5 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan setelah dilakukan validasi maka perangkat tersebut dinyatakan valid. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis karena seluruh aspek dalam pembelajaran berada pada kategori terlaksana seluruhnya. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil: (1) Guru mampu mengelola proses pembelajaran dengan kategori sangat tinggi; (2) Aktivitas siswa dan guru terpenuhi; (3) Hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan belajar klasikal, (4) Siswa memberikan respon yang positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan. ABSTRACT SRIYANTI. 2012. Development of Cooperative Learning Tools of Think Pair Share Type on Buffer Solution Subject (supervised by Pince Salempa and Muhammad Yudi) The study is a research and development which focuses on the development of cooperative learning tools of Think, Pair, and Share (TPS) on buffer solution subject including student’s books, student’s worksheef, and lesson plan for grade XI student at SMA. The model used for the study referred to Thiagarajan Model (4-D Model) consisted of defining stage, designing, development, and dissemination. The cooperative learning tools of TPS type which was developed and had been validated by two experts and was revised to get the feasible result to be used. The test was conducted at SMAN 1 Sungguminasa of grade XI of IPA5 as many 40 students. The result of the study reveals that the learning tools developed is valid after the validation was conducted. The learning tools are confirmed as practical due to the completely conducted category of the entire aspect of learning. The learning tools are confirmed as effective due to the fulfillment of effective criteria with the result: (1) the teacher is able to manage the learning process with extremely high category; (2) student’s activity and teacher are fulfiied; (3) student’s learning result has achieved classical learning completeness; and (4) student’s provide positive response toward the learning tools used.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Jun 2016 03:09
Last Modified: 30 Nov 2016 11:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item View Item