“Penggunaan media kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sudiang Makassar

Rosdiana M, Rosdiana M (2016) “Penggunaan media kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sudiang Makassar. Diploma thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
27.pdf

Download (46kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengembangan pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata bergambar pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sudiang Makassar. Subjek pengembagan pembelajaran adalah anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sudiang Makassar tahun ajaran 2015/2016, kelas B yang berjumlah 10 anak, yang terdiri dari 4 laki-laki dan 6 perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tehnik deskriktif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil dan Pembahasan yang telah diuraikan, maka dapatlah ditarik suatu kesimpulan bahwa dengan penggunaan media kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sudiang Makassar dapat berhasil dengan baik. Hal ini dikuatkan dengan data yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan anak yaitu dari pertemuan I ke pertemuan V yaitu dari 20 % meningkat menjadi 80 %. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kemampuan membaca permulaan pada anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sudiang Makassar berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 08:06
Last Modified: 24 Apr 2018 00:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7734

Actions (login required)

View Item View Item