Pengembangan Pembelajaran dengan Metode Karya Wisata bagi Anak Usia Dini di TK Pertiwi I Watansoppeng

PURNAMASARI, DAHLIA (2014) Pengembangan Pembelajaran dengan Metode Karya Wisata bagi Anak Usia Dini di TK Pertiwi I Watansoppeng. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
DAHLIA.docx

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan buku pedoman pelaksanaan metode karya wisata di TK Pertiwi I Watansoppeng. Masalah pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama ini dalam proses belajar mengajar tidak memiliki buku pedoman petunjuk pelaksanaan metode pembelajaran karya wisata. Perangkat pembelajaran yang digunakan belum dilengkapi dengan langka-langka pelaksanaan metode karya wisata, Pelaksanaan metode karya wisata adalah anak melaksanakan pembelajaran ke objek dan alam/lingkungan yang sebenarnya atau melihat benda aslinya. Salah satu faktor yang penting untuk mencapai tujuan Pendidikan Anak Usia Dini adalah pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode karya wisata. Pembelajaran dengan metode karya wisata ini dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar dengan lebih terarah dan menarik sehingga anak didik termotivasi untuk belajar lebih aktif dan buku pedoman ini sebagai pegangan bagi guru dalam melaksanakan metode pembelajaran karya wisata bagi anak usia dini. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan atau Model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pembahasan (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan(develop), dan tahap penyebaran (disseminate).Pembelajaran dengan metode karya wisata yang telah dikembangkan telah divalidasi oleh pakar dan telah mengalami revisi sehingga mendapat hasil yang layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan metode pembelajaran karya wisata valid. metode pembelajaran telah memenuhi kriteria kevalidan yaitu pelaksanaan metode karya wisata., program tahunan, program semester, rencana kegiatan mingguan, rencana kegiatan harian, dan buku pedoman pelaksanaan metode karya wisata masing-masing berada pada kategori valid. Hasil wawancara dan angket respon guru menunjukkan bahwa mereka membutuhkan metode Pembelajaran karya wisata. Hasil penelitian ini dinyatakan efektif dan layak digunakan karena kedua respon guru memperoleh skor 100% , respon yang positif karena memperoleh hasil di atas 80%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 07:41
Last Modified: 19 Apr 2018 07:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7729

Actions (login required)

View Item View Item