ASDURI, SUJARIANI (2017) Efektivitas Penerapan Efektivitas Penerapan Metode Brainstorming Terhadap Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
my artikel.docx Download (44kB) |
Abstract
ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan metode brainstorming terhadap pembelajaran matematika materi bangun datar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa dan sampel adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan metode pembelajaran brainstorming yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas data pemahaman konsep matematika, aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat pembelajaran. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif sedangkan data pemahaman konsep matematika dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran brainstorming efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi bangun datar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa ditinjau dari aspek: (a) rata-rata skor pemahaman konsep matematika pada posttest lebih besar dari 70 (KKM) dan rata-rata skor gain ternormalisasi lebih besar dari 0.29 (kategori sedang), (b) rata-rata skor aktivitas belajar siswa untuk setiap pertemuan lebih dari 2,49 aspek pengamatan berada pada kriteria cenderung aktif, dan (c) rata-rata skor respons siswa lebih besar dari 2,5 (kategori cenderung positif). Disimpulkan bahwa metode pembelajaran brainstorming efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 19 Apr 2018 07:19 |
Last Modified: | 19 Apr 2018 07:19 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7724 |
Actions (login required)
View Item |