Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Padu Musik Terhadap Antusiasme Siswa dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SD Negeri Romang Polong Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa

Herman, Herman (2017) Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Padu Musik Terhadap Antusiasme Siswa dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SD Negeri Romang Polong Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
3. ARTIKEL.docx

Download (36kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran penggunaan media powerpoint padu musik dalam pembelajaran IPS (2) memperoleh gambaran antusiasme siswa dalam pembelajaran IPS dengan penggunaan media powerpoint padu musik dan penggunaan media konvensiaonal (3) memperoleh gambaran pengaruh penggunaan media powerpoint padu musik terhadap antusiasme belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Romang Polong Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen true experiment design dengan melibatkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, dengan desain pre-testpost-test control group design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu antusiasme belajar siswa dan variabel bebasnya adalah penggunaan media powerpoint padu musik. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi dan angket sejumlah 21 pernyataan. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran melalui penggunaan media powerpoint padu musik. Pada pertemuan pertama, pelaksanaan pembelajaran menggunakan media powerpoint padu musik oleh guru memperoleh kategori cukup dan oleh siswa memperoleh kategori cukup, pertemuan kedua oleh guru memperoleh kategori baik dan siswa memperoleh kategori baik, pertemuan ketiga oleh guru memperoleh kategori sangat baik dan oleh siswa memperoleh kategori sangat baik, dan pertemuan keempat oleh guru memperoleh kategori sangat baik dan oleh siswa memperoleh kategori sangat baik. Antusiasme belajar siswa dianalisis dengan menggunakan rumus t-test melalui bantuan SPSS 20.0 for Windows. Hasil uji hopitesis diketahui adanya perbedaan tingkat antusiasme antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang signifikan, hal tersebut ditunjukkan dari nilai t hitung > t table (5, 138 > 2,02439) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara tingkat antusiasme kelas eksperimen dengan tingkat antusiasme kelas kontrol. Berdasarkan gain skor antusiasme belajar siswa, nilai pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 18.8, sedangkan untuk nilai rata-rata kelas kontrol adalah 5.85 sehingga rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Maka penggunaan media powerpoint padu musik berpengaruh positif terhadap antusiasme belajar siswa. Kekurangan penggunaan media powerpoint padu musik adalah sangat bergantung pada arus listrik dan memerlukan ruangan khusus untuk menerapkan penggunaan media ini.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 07:10
Last Modified: 19 Apr 2018 07:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7722

Actions (login required)

View Item View Item