Pengembangan Kegiatan Bermain Kartu Angka Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Di Taman Kanak-Kanak Paud Aqira Makassar.

MULIAWAN, MULIAWAN (2016) Pengembangan Kegiatan Bermain Kartu Angka Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Di Taman Kanak-Kanak Paud Aqira Makassar. S1 thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
14.pdf

Download (103kB) | Preview

ABSTRAK Rumusan masalah dalam pengembangan pembelajaran ini adalah bagaimanakah mengembangkan kegiatan bermain kartu angka bergambar untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada kelompok B Taman kanak-kanak paud aqira kota makassar ? tujuan pengambangan pembelajaran untuk mengetahui peningkatan perkembangan kegiatan bermain kartu angka bergambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Paud Aqira. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penyelesaian adalah Laporan Pengembangan Pembelajaran. Fokus pengembangan ini adalah kemampuan berhitung anak dengan kegiatan bermain kartu angka bergambar. Prosedur pengembangan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan Refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah Kelompok B Taman Kanak-Kanak Paud Aqira kota makassar yaitu 1 orang guru dan anak yang berjumlah 10 orang, yang terdiri atas 4 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kegiatan bermain kartu angka bergambar maka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Paud Aqira kota makassar. Hal ini dapat dilihat pada pertemuan I indikator membilang/ menyebut urutan bilangan 1-20, dengan aspek pengembangan menyebut urutan bilangan 1-20. Pertemuan II indikator mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan, dengan aspek pengembangan bermain mencari pasangan angka dengan jumlah bendanya. Pertemuan III indikator menghubungkan/ memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda, aspek pengembangan menempel gambar sesuai dengan jumlah angka pada kartu angka.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 07:09
Last Modified: 24 Apr 2018 00:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7721

Actions (login required)

View Item View Item