Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat tinggi Melalui Modifikasii Pembelajaran Lompat Karet Siswa Kelas V SD Negeri 151 Bunne Kabupaten Soppeng

NURSAIDA, NURSAIDA (2015) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat tinggi Melalui Modifikasii Pembelajaran Lompat Karet Siswa Kelas V SD Negeri 151 Bunne Kabupaten Soppeng. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
09. NUrsaida jurnal.doc

Download (132kB)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Melompat dengan menggunakan media karet Gelang dalam permainan Lompat Tali siswa kelas V SD Negeri 151 Bunne Kabupaten Soppeng. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 151 Bunne Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 16 siswa. Data penelitian ini adalah data kuantitatif hasil belajar siswa, keaktifan siswa dan guru selama pembelajaran, dan data penggunaan bantuan teman guru selama pembelajaran. Data kuantitatif meliputi data hasil belajar lompat tinggi siswa, pratindakan, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, dan kurikulum yang diperoleh dari dokumen yang dimiliki guru dan sekolah. Data dikumpulkan melalui tes kognitif,afektif dan psikomotor. Untuk menguji validitas data dilakukan dengan triangulasi. Dari hasil analisa data diketahui bahwa, hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan adalah 4 siswa (25%) tuntas belajar dan 12 siswa (75%) belum tuntas belajar. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 56,25% yaitu 9 siswa telah tuntas belajar dan 7 siswa (43,75%) belum tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai (100%) siswa telah tuntas . Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penggunaan media karet gelang dalam pembelajaran lompat tinggi pada siswa kelas V SD Negeri 151 Bunne dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 07:08
Last Modified: 19 Apr 2018 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7720

Actions (login required)

View Item View Item