Pengembangan Perangkat Penilaian Pada Pelaksanaan Praktikum Kimia Organik Berbasis Keterampilan Proses Sains

Hardin, Hardin (2015) Pengembangan Perangkat Penilaian Pada Pelaksanaan Praktikum Kimia Organik Berbasis Keterampilan Proses Sains. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
HARDIN.docx

Download (17kB)

ABSTRAK HARDIN. Pengembangan Perangkat Penilaian Pada Pelaksanaan Praktikum Kimia Organik Berbasis Keterampilan Proses Sains (dibimbing oleh Muhammad Anwar dan Melati Masri). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan perangkat penilaian pada praktikum kimia organik berbasis keterampilan proses sains (KPS) yang meliputi perangkat penilaian pra-praktikum, perangkat penilaian proses praktikum, perangkat penilaian laporan praktikum dan perangkat penilaian afektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi model pengembangan perangkat ADDIE, yang terdiri dari fase analisis, fase desain, fase pengembangan, fase implementasi, dan fase evaluasi. Perangkat penilaian berbasis KPS yang dikembangkan telah divalidasi oleh dua orang ahli kemudian direvisi sehingga didapatkan perangkat yang valid. Uji coba terbatas dan implementasi dilakukan di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar dengan jumlah mahasiswa 51 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat penilaian yang dikembangkan setelah dilakukan validasi dinyakatan valid dengan koefisien validasi isi masing-masing perangkat yaitu: perangkat penilaian pra-praktikum, perangkat penilaian proses praktikum, perangkat penilaian laporan, perangkat penilaian afektif, dan perangkat penilaian respon asisten dengan nilai kofisien validasi isi berturut turut 1.00, 1.00, 1.00, 1.00, 0.88. Perangkat penilaian dinyatakan praktis karena sebagian besar aspek direspon positif oleh asisten. Perangkat penilaian dinyatakan efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil: Skor keseluruhan praktikan berada pada kategori sangat baik, Aktivitas asisten dan praktikan terpenuhi. ABSTRACT Hardin. 2014. Development of Assessment Tools on Organic Chemistry Practikum Implementation with Science Process Skill Basis (Supervised by Muhammad Anwar and Melati Masri). The study is a research and development which focuses on the development of assessment tools on organic Chemistry practicum with science process skills basis included pre-practikum assessment tools, practicum process assessment tools, practicum report assessment tools, and affective assessment tools. The model used for the study adopted ADDIE development model which consisted of analysis phase, design phase, development phase, implementation phase, and evaluation phase. The assessment tools used KPS-based developed was validated by two experts and revised and obtained valid tools. Limited tryout and implementation was conducted at FMIPA Chemistry Departement in Universitas Negeri Makassar with as Many as 51 students. The results of the study reveal that the assessment tools develoved after the validation is declared as valid with co-efficient of conten validation on each tool: pre-practikum assessment tools, practicum process assessment tools, practicum report assessment tools, and affective assessment tools are 1.00, 1.00, 1.00. 1.00, 0.88, respectively. The assessment tools is confirmed as practical because most of the aspects received positive response by assistance. The assessment tools is confirmed as effectife because it has fulfilled the criteria of effective with the result: the overall score of the participants is in excellent category, the assistance and participants’ activities are fulfilled.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Jun 2016 03:09
Last Modified: 15 Nov 2016 02:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/772

Actions (login required)

View Item View Item