“Pengembangan Media Pembelajaran Praktik Alignment Pada Program Studi Perawatan Dan Perbaikan Mesin Politeknik Bosowa Makassar”

Aminuddin, Aminuddin (2017) “Pengembangan Media Pembelajaran Praktik Alignment Pada Program Studi Perawatan Dan Perbaikan Mesin Politeknik Bosowa Makassar”. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
AMINUDDIN_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK ALIGNMENT. SEMINAR NASIONAL TELLU CAPPA.docx

Download (1MB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan media pembelajara praktik alignment, 2) menghasilkan perangkat pembelajaran praktik alignment, 3) untuk menghasilkan media pembelajaran praktik alignment yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang difokuskan untuk pengembangan mata kuliah praktik alignment dengan menggunakan sensor cahaya fotodioda sebagai penerima, arduino sebagai pembaca dan laser sebagai pengirim indormasi. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti dari model pengembangan ADDIE dan dimodifikasi dalam beberapa tahapan yakni: 1) analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik, 2) perangcangan, 3) pengembangan, 4) penerapan, 5) revisi. Tahapan-tahapan pengembangan yang dilakukan telah melalui proses validasi oleh 2 (dua) orang ahli dan mengalami revisi sehingga media yang dikembangkan mendapat hasil yang layak untuk digunakan. Uji coba dilakukan dalam 2 (dua) tahap, tahapan pengembangan pertama setelah divalidasi adalah uji coba perorangan, tahap kedua adalah uji coba kelompok kecil dan uji coba terbatas (penerapan) selanjutnya dievaluasi dan direvisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan alat alignment yang dikembangkan dinyatakan valid setelah dilakukan validasi. Pengembangan media pembelajaran praktik dikatakan praktis karena seluruh aspek dalam pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Pengembangan media pembelajaran dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil: (1) memenuhi syarat kevalidan, (2) aktivitas peserta terlaksana seluruhnya (3) aktivitas pendidik terlaksana seluruhnya, dan (4) peserta didik serta pengamat memberikan respon yang positif terhadap media pembelajaran alignment yang dikembangkan. Kata kunci: Media Pembelajaran, Alat alignment,pengembangan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 06:53
Last Modified: 19 Apr 2018 06:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7716

Actions (login required)

View Item View Item