Profil Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematika Siswa Kelas IX SMP Al Bayan Makassar Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Tahfidzu Al Qur’an

FURKAN, FURKAN (2018) Profil Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematika Siswa Kelas IX SMP Al Bayan Makassar Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Tahfidzu Al Qur’an. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
9 BAB I.docx

Download (39kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa ditinjau dari kemampuan tahfidzu Al Qur’an. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Al Bayan Makassar yang terdiri dari 3 orang subjek. Instrumen yang digunakan yaitu peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dibantu dengan tes pemecahan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika serta wawancara yang didesain agar sesuai dengan indikator yang diukur. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pada subjek S_1 (tahfidz tinggi) memiliki karakteristik kemampuan pemahaman konsep matematika, yaitu pemahaman instrumental dan relasional. Sedangkan kemampuan penalaran matematika, yaitu penalaran induktif (model, fakta, interpolasi, ekstrapolasi, dan generalisasi) dan deduktif (perhitungan sederhana dengan rumus, kesahihan argumen, dan menarik kesimpulan); 2) pada subjek S_2 (tahfidz sedang) juga memiliki karakteristik kemampuan pemahaman konsep matematika, yaitu pemahaman instrumental dan relasional. Sedangkan kemampuan penalaran matematika, yaitu penalaran induktif (model, fakta, interpolasi, ekstrapolasi, dan generalisasi) dan deduktif (perhitungan sederhana dengan rumus, kesahihan argumen, dan menarik kesimpulan); dan 3) subjek S_3 (tahfidz rendah) pada kemampuan pemahaman konsep matematika memiliki karakteristik pemahaman instrumental saja (pemahaman tingkat rendah). Sedangkan pada kemampuan penalaran subjek tidak dapat menunjukkan kemampuan penalarannya. Hal diatas menunjukkan bahwa subjek S_1 dan S_2 yang memiliki kemampuan tahfidzul tinggi dan sedang memiliki kemampuan pemahaman konsep yang sangat baik (tingkat tinggi) dan kemampuan penalaran baik. Sedangkan pada subjek S_3 yang memiliki kemampuan tahfidzul rendah memiliki kemampuan pemahaman konsep yang cukup baik (tingkat rendah) dan kemampuan penalaran yang tidak bagus. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Penalaran Matematika, dan Kemampuan Tahfidzu Al Qur’an.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 06:47
Last Modified: 19 Apr 2018 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7714

Actions (login required)

View Item View Item