Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berdasarkan Pengalaman dan Pengetahuan Awal terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Parepare

AMIR, FAIZAL (2017) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berdasarkan Pengalaman dan Pengetahuan Awal terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Parepare. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (912kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan yang diajar secara konvensional pada peserta didik, (2) perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik untuk kelompok yang memiliki pengetahuan awal tinggi, (3) perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik untuk kelompok yang memiliki pengetahuan awal rendah, (4) interaksi antara pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan pengetahuan awal dalam mempengaruhi pemahaman konsep fisika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi experimental dengan menggunakan desain non randomized pretest-posttets control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Parepare yang berjumlah 210 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 dengan jumlah peserta didik 35 orang dan XI IPA 4 dengan jumlah peserta didik 35 orang. Berdasarkan analisis deskriptif didapatkan bahwa skor rata-rata pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman adalah sebesar 21,40 dan standar deviasinya 3,34, sedangkan skor rata-rata pemahaman konsep fisika yang diajar secara konvensional adalah sebesar 18,80 dan standar deviasinya 2,36. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan yang diajar secara konvensional pada peserta didik, (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik untuk kelompok yang memiliki pengetahuan awal tinggi, (3) tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik untuk kelompok yang memiliki pengetahuan awal rendah, (4) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan pengetahuan awal dalam mempengaruhi pemahaman konsep fisika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 06:16
Last Modified: 19 Apr 2018 06:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7708

Actions (login required)

View Item View Item