Pengembangan Modul Pembelajaran Teknik Instalasi Listrik Dasar Berbasis Inkuiri di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Makassar

ABDULLAH, MUHAMMAD NUR (2015) Pengembangan Modul Pembelajaran Teknik Instalasi Listrik Dasar Berbasis Inkuiri di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL TESISKU.docx

Download (236kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran berbasis inkuiri pada mata pelajaran teknik instalasi listrik dasar di SMK Negeri 3 Makassar; (2) mengetahui respon peserta didik dan pendidik terhadap modul pembelajaran yang dikembangkan; dan (3) mengetahui apakah modul pembelajaran berbasis inkuiri pada mata pelajaran teknik instalasi listrik dasar yang dikembangkan efektif digunakan di SMK Negeri 3 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang difokuskan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran berbasis inkuiri pada mata pelajaran teknik instalasi listrik dasar khususnya materi penerangan instalasi listrik, perangkat pendukung berupa rencana pelaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar untuk peserta didik kelas XI SMK program keahlian teknik ketenagalistrikan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall, yang terdiri dari 10 (sepuluh) tahapan yang kemudian diadaptasi dan dimodifikasi menjadi 4 (empat) tahap yaitu; identifikasi (research and informating collecting), perencanaan (planning), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Modul pembelajaran berbasis inkuiri teknik instalasi listrik dasar yang telah dikembangkan, telah divalidasi oleh dua orang ahli/pakar dengan mengalami sedikit revisi sehingga didapatkan hasil yang layak untuk digunakan. uji coba dilakukan di SMK Negeri 3 Makassar pada kelas XI teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik dengan jumlah peserta didik 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis inkuiri teknik instalasi listrik dasar, yakni: 1) hasil analisis data kevalidan produk berada pada kategori sangat valid, 2) hasil analisis data kepraktisan yang diperoleh melalui analisis data respon peserta didik dan pendidik berada pada kategori sangat baik, dan 3) modul pembelajaran dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan dengan hasil memenuhi kriteria: (1) aktivitas peserta didik sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan, (2) aktivitas pendidik terpenuhi terhadap aspek yang diamati, dan (3) hasil belajar peserta didik pada materi instalasi penerangan listrik telah mencapai ketuntasan belajar. Kata kunci: modul pembelajaran berbasis inkuiri, teknik instalasi listrik dasar, SMK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 06:03
Last Modified: 19 Apr 2018 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7705

Actions (login required)

View Item View Item