Perbandingan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Antara Pendekatan Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan Pendekatan Problem Posing pada Materi Ekosistem (Dibimbing oleh Hj.Yusminah Hala dan Hj. Rosdiana Ngitung).

ASMA, ASMA (2015) Perbandingan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Antara Pendekatan Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan Pendekatan Problem Posing pada Materi Ekosistem (Dibimbing oleh Hj.Yusminah Hala dan Hj. Rosdiana Ngitung). S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui perbandingan motivasi belajar biologi peserta didik antara pendekatan pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan pendekatan Problem Posing di kelas X SMA Negeri 1 Bengo Kabupaten Bone; (ii) untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi peserta didik antara pendekatan pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan pendekatan Problem Posing di kelas X SMA Negeri 1 Bengo Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui angket (kuesioner) motivasi dan tes hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental research). Populasi dalam penelitian ini adalah semua rombongan belajar (rombel) kelas X jurusan IPA di SMA Negeri 1 Bengo semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 (empat) rombongan belajar. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling yaitu memilih Kelas X Bougenville sebagai kelas yang diajar melalui pendekatan pembelajaran JAS dan kelas X Flamboyan sebagai kelas yang diajar melalui pendekatan pembelajaran Problem Posing dengan jumlah 24 orang setiap kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Perbandingan motivasi belajar biologi peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Bengo Kabupaten Bone yaitu motivasi belajar biologi peserta didik yang diajar melalui pendekatan pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) lebih tinggi daripada motivasi belajar biologi peserta didik yang diajar melalui pendekatan pembelajaran Problem Posing. (ii) Perbandingan hasil belajar biologi peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Bengo Kabupaten Bone yaitu hasil belajar biologi peserta didik yang diajar melalui pendekatan pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) lebih tinggi daripada hasil belajar biologi peserta didik yang diajar melalui pendekatan pembelajaran Problem Posing. Kata kunci: Hasil Belajar Biologi, Motivasi Belajar, Pendekatan JAS, Pendekatan Problem Posing.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 05:53
Last Modified: 19 Apr 2018 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7697

Actions (login required)

View Item View Item