Transformasi Sosio-Kultural (Studi Kasus pada Komunitas Tani di Desa Curio Kabupaten Enrekang

CANDRA, ARIA (2015) Transformasi Sosio-Kultural (Studi Kasus pada Komunitas Tani di Desa Curio Kabupaten Enrekang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
jurnal oca.docx

Download (57kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong terjadinya transformasi sosio-kultural, transformasi serta dampak sosial ekonomi yang muncul dari adanya transformasi sosio-kultural. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini sebannyak 8 orang. Penentuan informan dengan Purposife Sampling, dengan kriteria tertentu sebagai berikut:1) Individu yang sudah masuk kelompok tani, 2) Kelompok yang aktif dalam melakukan perubahan dalam struktur masyarakat, 3) Anggota yang memiliki peran sebagai pengurus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi partisipasi moderat, wawancara tak berstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, model data (data Display) dan summary/penarikan kesimpulan. Pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi dan member cek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa transformasi sosio-kultural pada komunitas tani di desa curio disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal seperti kebutuhan sosial dan dorongan diri sendiri sedangkan faktor eksternal adalah kebijakan pemerintah. Transformasi sosio-kultural mengalami perubahan, yang bisa kita lihat dari struktur yang ada , pola kerja sama, ilmu pengetahuan,dan alat pertanian sedangkan dampak sosial ekomomi yang ditimbulkan dari transformasi sosio-kultural adalah adanya pendapatan dan pekerjaan yang semakin mudah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 05:22
Last Modified: 19 Apr 2018 05:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7691

Actions (login required)

View Item View Item