Pengembangan Model Pendukung Kooperatif tipe Teams Games Tournament Berbasis Strategi Konflik Kognitif

Taufik, Sandi (2015) Pengembangan Model Pendukung Kooperatif tipe Teams Games Tournament Berbasis Strategi Konflik Kognitif. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Taufik Sandi.docx

Download (13kB)

ABSTRAK Taufik Sandi. Pengembangan Model Pendukung Kooperatif tipe Teams Games Tournament Berbasis Strategi Konflik Kognitif (dibimbing oleh Sudding dan Ramdani) Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research development),yang bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran koperatif tipe TGT yag valid, praktis dan efektif dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, dan Untuk mengetahui kualitas hasil pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT)berbasis konflik kognitif. Pengembangan perangkat yang digunakan mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) analisis (Analize), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) penerapan (Implementation), dan(5) evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mappedeceng. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Kelayakan dari model pembelajaran yang dikembangkan dinilai dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: model pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan hasil validasi dari praktisi di bidangnya; memenuhi kriteria kepraktisan dapat dilihat dari hasil validasi dengan kategori valid dan sangat valid, penilaian keterlaksanaan model yang termasuk kategori tinggi; dan juga memenuhi kriteria keefektifan dengan melihat respon siswa positif siswa, aktivitas siswa minimal, dan ketuntasan hasil belajar siswa yang melebihi dari standar yang digunakan. Kata Kunci : Teams Games Tournament, Strategi Konflik Kognitif, ADDIE

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Jun 2016 03:09
Last Modified: 30 Nov 2016 11:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item View Item