JANTARA, PANJI PANCASONA (2015) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Berorientasi Kontekstual Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 21 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
ARTIKEL PANJI PANCASONA JANTARA (13B08024).pdf Download (329kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) merancang profil multimedia pembelajaran fisika berorientasi kontekstual pada peserta didik kelas X SMA Negeri 21 Makassar yang valid, (2) untuk mengetahui penilaian praktisi terhadap multimedia pembelajaran fisika berorientasi kontekstual pada peserta didik kelas X SMA Negeri 21 Makassar, (3) untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap multimedia pembelajaran fisika berorientasi kontekstual pada peserta didik kelas X SMA Negeri 21 Makassar. Penelitian ini mengacu pada model 4D (Four-D Model) yang diadaptasi, dengan prosedur 4D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap Develop. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran ini berkualitas baik, dan dapat membantu memahamkan konsep materi alat optik pada peserta didik. Hal tersebut disimpulkan berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, yaitu sebagai berikut: (1) Multimedia pembelajaran ini valid, (2) Kesepahaman penilaian praktisi/guru terhadap multimedia yang dikembangkan menyatakan layak digunakan, (3) Respon peserta didik terhadap multimedia pembelajaran ini sangat positif, dan berdasarkan hasil tes evaluasi peserta didik yang diajar dengan menggunakan media menunjukkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik mencapai 87%. Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran Fisika Berorientasi Kontekstual, Valid, Penilaian, dan Tanggapan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > FISIKA (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 19 Apr 2018 03:31 |
Last Modified: | 19 Apr 2018 03:31 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7684 |
Actions (login required)
View Item |