Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Sulawesi Barat

JURNIATI, JURNIATI (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Sulawesi Barat. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL TESIS.docx

Download (105kB)

Abstract

Kompetensi kewirausahaan kepala SMK adalah salah satu dari lima kompetensi yang harus dinilai oleh pengawas sekolah, dimana kompetensi ini sangat identik dengan visi dan misi SMK. Dalam penilaian kinerja kepala SMK oleh Pengawas SMK, kompetensi ini jarang dinilai dibandingkan dengan kompetensi manajerial dan kompetensi akademik kepala SMK, bahkan sebagian besar pengawas belum menilai kompetensi ini karena kurangnyainstrumen penilaiannya. Dasar inilah yang melatarbelakangi penelitian ini dengan pertanyaan penelitian: (i)Bagaimana hasil pengembangan instrumen penilaian kompetensi kewirausahaan kepala SMK di Provinsi Sulawesi Barat secara teoretis? (ii) Bagaimana hasil pengembangan instrumen penilaian kompetensi kewirausahaan kepala SMK di Provinsi Sulawesi Barat secara empiris?Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui hasil pengembangan instrumen penilaian kompetensi kewirausahaan kepala SMK di Provinsi Sulawesi Barat secara teoretik (ii) Untuk mengetahui hasil pengembangan instrumen penilaian kompetensi kewirausahaan kepala SMK secara empiris (iii) untuk membuat instrumen penilaian kompetensi kewirausahaan di Provinsi Sulawesi Barat yang sudah valid dalam program Quiz Creator. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan (Research & Development). Desain pengembangan instrumen menggunakan model pengembangan Djaali & Pudji Muljono dengan teknik pengumpulan data melalui teknik tes bentuk pilihan ganda untuk mengukur aspek cognitive kompetensi kewirausahaan kepala SMK yang diisi oleh kepala SMK serta teknik non tes bentuk angket skala Likert untuk mengukur aspek skill kompetensi kewirausahaan kepala SMK yang diisi oleh guru kejuruan. Penelitian melalui dua kali proses validasi yaitu validasi isi dengan koefisien konsistensi internal validitas isi Gregory untuk instrumen tes 0.90 dan instumen non tes 0.85,dimana semua butir dinyatakan layak. Validasi empiris instrumen tes menghasilkan 18 butir tes yang valid dari 20 butir tes yang disusun (2 butir gugur) pada kriteria r hitung > r tabel 0.197, reliabilitas KR-20 sebesar 0.729 dan tidak ada indikator yang butirnya gugur semua. Instrumen non tes menghasilkan 20 butir pernyataan yang disusun (semua valid) pada taraf signifikansi 0.05 dengan reliabilitas Alpha Crombach 0.917. Kata kunci: kompetensi, kewirausahaan, validitas, reliabilitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 03:11
Last Modified: 19 Apr 2018 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7677

Actions (login required)

View Item View Item