Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS pada Peserta Didik Kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kota Makassar

PAJARUNGI ANAR, ASHAR (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS pada Peserta Didik Kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.doc

Download (145kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan Media Gambar dalam pembelajaran IPS pada peserta didik kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kota Makassar, (ii) mengetahui gambaran hasil belajar IPS peserta didik kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kota Makassar setelah model pembelajaran Mind Mapping berbantuan Media Gambar diterapkan (iii) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media gambar terhadap hasil pembelajaran IPS pada peserta didik kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kota Makassar. Jenis penelitian merupakan true eksperiment dengan rancangan Pre-Test Post-Test Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 50 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 siswa. 26 siswa kelas V A dan 24 siswa kelompok V B. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas yang menunjukkan bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan homogen dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji independent samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (i) pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan Media Gambar oleh guru dilakukan sesuai dengan tahapan pembelajaran meliputi tahap pendahuluan, bagian inti, dan bagian penutup di mana selama proses pembelajaran, diterapkann model pembelajaran Mind mapping dan dibantu dengan penyajian Media Gambar; (ii) rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan Media Gambar mengalami peningkatan nilai yaitu 77.2 dibandingkan sebelum diberikan perlakuan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan Media Gambar yaitu 64.7; (iii) rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Ekspositori juga mengalami peningkatan walau tidak sesiknifikan kelas eksperimen yaitu 61.3 pada saat Pre test meningkat menjadi 69.03 (iv) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan Media Gambar terhadap hasil belajar IPS siswa dengan nilai Sighitung 0.000 < α (0.05).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2

PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 02:35
Last Modified: 19 Apr 2018 02:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7667

Actions (login required)

View Item View Item