Pengembangan Pembelajaran Pada Kegiatan Pencampuran Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Di TK Ummu Aiman Kecamatan Tamalate Kota Makassar

Djohan, Murni (2016) Pengembangan Pembelajaran Pada Kegiatan Pencampuran Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Di TK Ummu Aiman Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Diploma thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
37.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan sains anak melalui kegiatan pencampuran warna di TK. Ummu Aiman Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Dengan rumusan masalah: “bagaimanakah meningkatkan kemampuan sains pada kegiatan pencampuran warna untuk meningkatkan kemampuan sains di TK. Ummu Aiman Kecamatan Tamalate Kota Makassar”. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif, yang dilakukan sebanyak lima kali pertemuan dengan objek dalam proses pengembangan pembelajaran ini adalah guru kelas, lima belas anak didik pada Kelompok B TK Ummu Aiman. Fokus penelitian adalah pada kemampuan sains dan prosedur pengembangan ini meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Tampak hasil dari pengembangan pembelajaran yang telah dilakukan menunjukkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan perkembangan dan kemampuan sains anak diantaranya anak telah mampu mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika warna dicampur dan media yang dipergunakan dari bahan alam dengan menggunakan peralatan sederhana yang ada disekitar anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 02:27
Last Modified: 24 Apr 2018 01:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7665

Actions (login required)

View Item View Item