“Pengembangan Metode Cerita Bergambar Untuk Meningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Di Taman Kanak-Kanak Amaliyah BLKI Makassar

MASNIATY, MASNIATY (2015) “Pengembangan Metode Cerita Bergambar Untuk Meningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Di Taman Kanak-Kanak Amaliyah BLKI Makassar. S1 thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
13.pdf

Download (46kB) | Preview

ABSTRAK Kemampuan bahasa reseptif anak pada Taman Kanak-kanak Amaliyah BLKI Makassar masih kurang, Hal ini dibuktikan bahwa pada saat kegiatan belajar mengajar, masih ada anak yang belum bisa menceritakan gambar yang ada pada buku dan menceritakan kembali apa yang didengar dengan kosakata yang terbatas. Oleh karena itu, peneliti merumuskan masalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak melalui metode cerita bergambar di Taman Kanak-kanak Amaliyah BLKI Makassar. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak melalui metode cerita bergambar di Taman Kanak-kanak Amaliyah BLKI Makassar. Subyek pembelajaran adalah anak didik Kelompok A Taman Kanak-kanak Amaliyah BLKI Makassar. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya, maka ditarik kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak dapat meningkat melalui metode cerita bergambar. Disini dapat dilihat pada awal pertemuan ketertarikan anak masih kurang terhadap permainan, tetapi pada pertemuan pertengahan sampai akhir anak mulai tertarik dan penuh semangat dalam metode cerita bergambar. Begitupun pencapaian indikator kemampuan bahasa reseptif mengalami peningkatan karena sampai pada pertemuan terakhir anak mampu menceritakan gambar yang ada dalam buku dan anak mampu menceritakan kembali apa yang didengar dengan kosakata yang terbatas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 02:18
Last Modified: 08 May 2018 05:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7663

Actions (login required)

View Item View Item