Hubungan Status Gizi dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Inpres Baraya I Makassar

ARIANI, DESY (2014) Hubungan Status Gizi dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Inpres Baraya I Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL DESY ARIANI.docx

Download (66kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan hasil belajar siswa SD Negeri Inpres Baraya I Makassar, (2) untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SD Negeri Inpres Baraya I Makassar, (3) untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan motivasi belajar dan 4) untuk mengetahui hubungan antara status gizi dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa SD Negeri Inpres Baraya I Makassar.Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bersifat korelasional. Sampel penelitian sebanyak 159 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah paradigma ganda dengan 2 variabel independen dan 1 variabel dependen. Penilaian status gizi dilakukan secara langsung menggunakan indeks antropometri yaitu berat badan menurut umur (BB/U), tinggi badan menurut umur (TB/U) dan berat badan menurut tinggi badan (BB/TB) dan Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai ulangan harian pada semester 2. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan nilai status gizi, motivasi belajar serta hasil belajar siswa. Untuk menggambarkan hubungan antara status gizi dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa digunakan analisis statistik inferensial dengan uji korelasi product moment, uji regresi sederhana dan ganda dibantu dengan software SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) terdapat hubungan yang positif antara status gizi dengan hasil belajar siswa, dengan kategori sangat lemah; (ii) terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa, dengan kategori cukup kuat; (iii) tidak terdapat hubungan antara status gizi dan motivasi belajar dan iv) Terdapat hubungan yang positif antara status gizi dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa dengan kategori lemah. Kata kunci: Status gizi, motivasi belajar dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 02:03
Last Modified: 19 Apr 2018 02:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7658

Actions (login required)

View Item View Item