Pengukuran Tingkat Kepuasan Guru Terhadap Kualitas Layanan Supervisi Akademik Pengawas SMA Negeri di Kabupaten Kolaka.

DANA RAHARJA, MADE (2015) Pengukuran Tingkat Kepuasan Guru Terhadap Kualitas Layanan Supervisi Akademik Pengawas SMA Negeri di Kabupaten Kolaka. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel tesisku.docx

Download (149kB)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kualitas layanan supervisi akademik pengawasa sekolah; mengetahui kepuasan guru terhadap kualitas layanan supervisi akademik pengawas sekolah; dan mengetahui dimensi-dimensi apa saja yang harus diprioritaskan dalam upaya meningkatkan kualitas layanan supervisi akademik pengawas SMA negeri di Kabupaten Kolaka. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMA negeri baik PNS maupu honorer yang ada di Kabupaten Kolaka berjumlah 312 orang guru. Jumlah sampel sebanyak 175 orang guru dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Penelitian ini menggunakan variabel tunggal yaitu kepuasan guru terhadap kualitas layanan supervisi akademik pengawas SMA negeri di Kabupaten Kolaka. Variabel tersebut memuat dimensi-dimensi layanan supervisi akademik pengawas sekolah yang dirangkum dalam aspek pengembangan kurikulum, pembelajaran, penilaian, dan pengembangan profesionalisme guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan koesioner skala likert modifikasi Agung, kemudian dianalisis menggunakan aplikasi statistik dengan analisis deskriptif, dan analisis IPA (Impotance Performance Analysis). Kesimpulan dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa: kualitas layanan supervisi akademik pengawas sekolah untuk dimensi pengembangan kurikulum, pembelajaran, dan penilaian dikategorian baik, sedangkan untuk dimensi pengembangan profesionalisme guru dikategorikan kurang baik. Kepuasan guru terhadap kualitas layanan supervisi akademik pengawas sekolah berada pada kategori cukup puas. Dimensi yang harus diprioritaskan oleh pengawas sekolah adalah dimensi pengembangan profesionalisme guru, karena kualitas layanan pada dimensi ini dinilai rendah oleh guru. Selanjutnya Ada beberapa butir pada setiap dimensi penanganannya perlu diprioritaskan oleh pengawas sekolah karena keberadaan butir-butir ini dinilai sangat penting oleh guru, sedangkan kualitas layanan supervisi akademik yang diberikan pengawas sekolah belum sesuai harapan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 00:57
Last Modified: 19 Apr 2018 00:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7644

Actions (login required)

View Item View Item