Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan MelaluiPenggunaan Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Dua Putra 1 Villa Mutiara Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar

LUBIS, NURAINI (2016) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan MelaluiPenggunaan Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Dua Putra 1 Villa Mutiara Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. S1 thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
12.pdf

Download (102kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini menelaah apakah kemampuan membaca permulaan anak akan meningkat melalui penggunaan media kartu kata bergambar pada TK Dua Putra Satu Villa Mutiara Makassar. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Dua Putra Satu Villa Mutiara Makassar menggunakan media kartu kata bergambar. Penelitian ini dilator belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Dua Putra Satu Villa Mutiara Makassar serta guru masih sering menggunakan (LKA) Lembar Kerja Anak, papan tulis, dan spidol sebagai pembelajaran membaca permulaan . Tindakan Pembelajaran ini adalah anak kelompok B di TK Dua Putra Satu Villa Mutiara Makassar yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, sedangkan teknik analisis data digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Dua Putra Satu Villa Mutiara Makassar. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil observasi yang meningkat pada setiap pertemuan . Peningkatan dari pra tindakan ke pertemuan I sebesar 12% dari pertemuan I ke pertemuan ke II mengalami peningkatan sebesar 5%. Anak yang berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik sebelum tindakan/pra tindakan sebesar 0%, sedangkan pada pertemuan VI. Adapun keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah sebagai berikut: (1) mempersiapkan media dan mengkondisikan anak, (2) memberitahukan tema pembelajaran serta menjelaskan cara bermain/memberi contoh serta membagi anak menjadi 3 kelompok, (3) anak bergiliran untuk bermain dan mengacak kartu dengan posisi terbalik di kantung flannel dan satu per satu anak maju memilih 1 kartu dengan membaliknya, (4) anak bermain serta melakukan sesuai perintah dan contoh guru dalam pembelajaran kemampuan membaca pada indikator 1 sampai 6 sesuai yang direncanakan peneliti, dan (5) mendampingi dan memotivasi anak. Kata kunci: Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar. ]

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 00:47
Last Modified: 24 Apr 2018 00:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7643

Actions (login required)

View Item View Item