Pengembangan Instrumen Kinerja Pengawas SMA Menurut Persepsi Guru di Kabupaten Bulukumba

EDAR, BAU (2015) Pengembangan Instrumen Kinerja Pengawas SMA Menurut Persepsi Guru di Kabupaten Bulukumba. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel bau edar.docx

Download (50kB)

Tujuan penelitian ini adalah: (i) untuk mengetahui validitas instrumen kinerja pengawas SMA berdasarkan persepsi guru di kabupaten Bulukumba, (ii) untuk mengetahui reliabilitas instrumen kinerja pengawas SMA berdasarkan persepsi guru di kabupaten Bulukumba. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan Djaali & Pudji Muljono yang menghasilkan instrumen Kinerja Pengawas SMA berdasarkan persepsi guru di kabupaten Bulukumba. Instrumen yang dikembangkan dalam penelitian ini berbentuk kuesioner yang disusun dalam bentuk matriks dengan skala model Likert 5 kriteria. Banyaknya responden dalam uji coba instrumen ini adalah 254. Teknik pengambilan sampel adalah area proporsional random. Hasil penelitian menunjukkan: (i) Instrumen ini memiliki 3 kriteria validitas yakni: validitas isi, validitas konstruk, dan validitas kriteria. Validitas isi yang dilakukan oleh 3 validator menghasilkan 6 butir diperbaiki dan 34 butir layak digunakan untuk uji coba. Rata-rata Koefisien validitas isi adalah 0,867 yang berarti isi instrumen adalah valid. Dari validitas isi menghasilkan 40 butir yang diujicobakan di lapangan. Pengujian validitas konstruk menunjukkan bahwa butir-butir yang berasal dari satu indikator membentuk satu faktor sehingga konstruk instrumen dinyatakan valid. Validitas kriteria dengan menggunakan product moment menunjukkan bahwa ke 40 butir signifikan pada α= 0,01, sehingga kriteria internal instrumen dinyatakan valid, (ii) Instrumen ini memiliki koefisien reliabilitas Alpha Cronbach = 0,960 yang berarti instrumen ini reliabel.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 00:40
Last Modified: 19 Apr 2018 00:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7642

Actions (login required)

View Item View Item