Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Minat Baca terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri No. 5 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng

AZIS, NURWAHIDAH (2015) Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Minat Baca terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri No. 5 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
artikel.docx

Download (50kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) tingkat pemanfaatan perpustakaan sekolah bagi siswa di SD Negeri No. 5 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng, 2) tingkat minat baca siswa di SD Negeri No. 5 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng, 3) tingkat prestasi belajar siswa di SD Negeri No. 5 LembangCina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng, dan 4) pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri No. 5 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi dan studi dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 siswa dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas III sampai kelas VI. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis stastistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca siswa di SD Negeri No.5 Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng berada pada kategori sangat baik serta prestasi belajar siswa di SD Negeri No.5 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng berada pada kategori baik. Pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca siswa baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri No.5 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Apr 2018 09:35
Last Modified: 18 Apr 2018 09:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7640

Actions (login required)

View Item View Item