Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Melalui Teknik Think Pair Share Peserta didik Kelas X SOS4 SMA Negeri 1 Bantaeng

ASDAR, ASDAR (2015) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Melalui Teknik Think Pair Share Peserta didik Kelas X SOS4 SMA Negeri 1 Bantaeng. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (55kB)

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengkaji, (1) proses penerapan teknik think pair share dalam meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi peserta didik Kelas X SOS4 SMA Negeri 1 Bantaeng, dan (2) peningkatan keterampilan menulis teks negosiasi melalui teknik think pair share peserta didik Kelas X SOS4 SMA Negeri 1 Bantaeng. Sumber data penelitian adalah guru bahasa Indonesia berjumlah 1 orang dan peserta didik Kelas X SOS4 berjumlah 35, terdiri atas 12 peserta didik laki-laki dan 23 peserta didik perempuan. Data penelitian adalah data aktivitas guru dan peserta didik, serta data hasil keterampilan menulis teks negosiasi melalui teknik think pair share. Instrumen yang digunakan adalah format pengamatan aktivitas guru dan peserta didik, serta tugas menulis teks negosiasi dilengkapi format penilaian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi aktivitas guru dan peserta didik, serta tugas menulis teks negosiasi. Analisis data proses dilakukan secara deskriptif kualitatif, sedangkan data hasil menulis teks negosiasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap (1) proses penerapan teknik think pair share dalam meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas X SOS4. Hal tersebut tampak pada aktivitas guru dengan kategori cukup dan peserta didik yang dikategorikan kurang aktif pada siklus I, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan proses terhadap aktivitas guru dengan kategori sangat baik dan peserta didik yang dikategorikan aktif; (2) hasil keterampilan menulis teks negosiasi dari siklus I ke siklus II berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM), yaitu 75. Kata kunci: teknik think pair share, keterampilan menulis, teks negosiasi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Apr 2018 09:09
Last Modified: 18 Apr 2018 09:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7639

Actions (login required)

View Item View Item