Pengembangan Strategi Pembelajaran Langsung Pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

JESI JECSEN, PONGKENDEK, (2015) Pengembangan Strategi Pembelajaran Langsung Pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JESI JECSEN PONGKENDEK.docx

Download (12kB)

ABSTRAK JESI JECSEN PONGKENDEK, 2014. Pengembangan Strategi Pembelajaran Langsung Pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. (Dibimbing oleh Tabrani Gani dan Muhaedah Rasyid). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran langsung pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D yang diadaptasi dengan langkah-langkah pengembangan strategi pembelajaran. Tahap-tahap pengembangan yang dilaksanakan berdasarkan model pengembangan 4-D yaitu: pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Strategi pembelajaran yang dikembangkan terintegrasi di dalam RPP. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi perangkat, lembar pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran, lembar pengamatan kemampuan guru mengelolah pembelajaran, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar peserta didik. Uji coba hasil pengembangan dilakukan pada kelas XI IPA 1 sebanyak 29 peserta didik dan IPA 2 sebanyak 30 peserta didik pada SMA Negeri 1 Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif yaitu; (1) valid berdasarkan penilaian ahli dengan sedikit revisi, (2) praktis karena semua aspek yang diamati berada pada kategori terlaksana seluruhnya, dan (3) efektif karena kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran berada pada kategori sangat baik, respon peserta didik terhadap pembelajaran berada pada kategori merespon/setuju, dan peningkatan hasil belajar peserta didik berada kategori tinggi. Pencapaian hasil belajar peserta didik dengan menggunakan perangkat pembelajaran langsung yang telah dikembangkan, sesuai dengan hasil dari tes hasil belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata untuk kelas XI IPA 1 79,5 dengan persentase ketuntasan 89,66% dan kelas XI IPA 2 76,5 dengan persentase ketuntasan 83,33%. Kata kunci: Strategi Pembelajaran dan Pembelajaran Langsung ABSTRACT JESI JECSEN PONGKENDEK, 2014. Development of Direct Learning Strategies in Topic Solubility and Solubility Product (supervised by Tabrani Gani and Muhaedah Rasyid) This is Research and Development study, which aims to develop a strategy directly on the subject matter solubility and solubility product. Development models used in this research is the development of 4-D models which is adapted to the steps of developing learning strategies. The stages of development were carried out based on the 4-D model of development, namely: define, design, development, and dissemination. Integrated learning strategies in the RPP. The instrument used in this study include the validation sheet, observation sheets of the learning enforceability, observation sheets of teacher ability to manage learning, learners’ questionnaire responses, and outcomes test of learners. The tryout of the development result was conducted in class XI Science 1 with 29 students and Science 2 with 30 students at SMA Negeri 1 Baebunta, North Luwu. The developed learning device has met the criteria of valid, practical, and effective, namely; (1) it is valid based on the expert judgment with modest revision, (2) it is practical because all the observed aspects are completely implemented in the category of implemented thoroughly, and (3) it is effective since the ability of teachers to manage learning are in the excellent category, the response of students towards learning is at respond/agree category, and students’ learning outcomes are increase in higher category. Achievement of student learning outcomes using direct learning device that has been developed, according to the results of the test learning outcomes of students obtained a mean score for class XI Science 1 is 79,5 with the percentage of completeness 89,66% and in class XI Science 2 is 76,5 with a percentage of completeness 83,33%. Key word: Learning strategy and direct learning

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Jun 2016 05:39
Last Modified: 15 Nov 2016 03:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item View Item