Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Biologi Tersertifikasi Dengan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 20 Makassar

AYUNINGSIH, NUR (2015) Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Biologi Tersertifikasi Dengan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 20 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL PENELITIAN AYU.docx

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (i) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru Biologi siswa SMA Negeri 20 Makassar, (ii) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa SMA Negeri 20 Makassar, (iii) Untuk mengetahui hasil belajar siswa SMA Negeri 20 Makassar, (iv) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru Biologi tersertifikasi dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 20 Makassar, (v) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru Biologi tersertifikasi dengan hasil belajar siswa SMA Negeri 20 Makassar. Jenis Penelitian ini adalah ex post facto. Metode yang digunakan adalah survei yang bersifat korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 20 Makassar, teknik pengambilan sampel melalui Stratified Random Sampling dengan besaran sampel 105 siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi dan uji korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) Persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru tersertifikasi siswa SMA Negeri 20 Makassar dominan berada pada kategori tinggi, (ii) Motivasi Belajar siswa SMA Negeri 20 Makassar dominan berada pada kategori tinggi, (iii) Hasil Belajar siswa SMA Negeri 20 Makassar dominan berada pada kategori tinggi, (iv) Terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang Kompetensi Profesional guru dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 20 Makassar, (v) Terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang Kompetensi Profesional guru dengan hasil belajar siswa SMA Negeri 20 Makassar. Hubungan antara variabel bebas persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru Biologi tersertifikasi dan variabel terikat yaitu hasil belajar Biologi adalah positif, dengan nilai 0,480. Hubungan antara variabel persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru Biologi tersertifikasi dan hasil belajar adalah positif, dengan nilai 0,397. Kata kunci : Hubungan Kompetensi Profesional, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Apr 2018 07:24
Last Modified: 18 Apr 2018 07:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7628

Actions (login required)

View Item View Item