Pengaruh Model Pembelajaran dan Pendekatan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Makassar Pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

ILHAM, NUR IMAN. (2015) Pengaruh Model Pembelajaran dan Pendekatan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Makassar Pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ILHAM NUR IMAN..docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Ilham Nur Iman. Pengaruh Model Pembelajaran dan Pendekatan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Makassar Pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. 2013 (dibimbing oleh Muhammad Anwar dan Tinggi Banggali). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Makassar pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara porposive random sampling terpilih empat kelas, mulai XI IPA 1 – XI IPA 4. Kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 menggunakan model pembelajaran langsung. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran dan pendekatan pembelajaran. Model pembelajaran terdiri dari, model pembelajaran pemecahan masalah dan model pembelajaran langsung. Sedangkan pendekatan pembelajaran terdiri dari pendekatan pembelajaran konstruktivisme dan pendekatan pembelajaran kontekstual. Variabel terikat adalah hasil belajar kimia peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar. Hasil belajar peserta didik pada kelas pertama, dengan model pembelajaran problem solving disertai pendekatan konstruktivisme memiliki rata-rata sebesar 75,00. Pada kelas kedua yang menggunakan model pembelajaran langsung disertai pendekatan konstruktivisme diperoleh rata-rata sebesar 76,49. Pada kelas ketiga dengan model pembelajaran problem solving disertai pendekatan kontekstual diperoleh rata-rata sebesar 76,67. Pada kelas keempat yang menggunakan model pembelajaran langsung disertai pendekatan kontekstual diperoleh rata-rata sebesar 70,45. Hasil pengujian hipotesis menggunakan anava dua jalur dengan bantuan program komputer SPSS menunjukkan nilai signifikansi untuk pengaruh model pembelajaran sebesar 0,014 dan untuk pengaruh pendekatan pembelajaran dengan nilai signifikan sebesar 0,046. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan HI diterima maka model pembelajaran dan pendekatan pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar. Untuk interaksi model pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 menunjukkan Ho ditolak dan HI diterima maka terdapat interaksi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Makassar. ABSTRAK ILHAM NUR IMAN. 2013. The Influence of Learning Model and Learning Approach toward Learning Achievment Students SMA Negeri 1 Makassar A Case Study on Solubility and Solubility Product Subject (supervised by Muhammad Anwar and Tinggi Banggali). The study was an experiment research, which aimed at examining the influence of learning model and toward learning achievment of grade XI IPA students at SMAN 1 Makassar on solubility and solubility product subject. Sampel of the study were selected by porposive random sampling which obtained four classes from grade XI IPA 1 to grade IPA 4. Classes taught using problem solving learning model were grade XI IPA 1 and grade XI IPA 2 whereas, classes taught using direct learning model were grade XI IPA 3 and grade XI IPA 4. The independent variable in this study is a model of learning and teaching approaches. The independent variables of the study were problem solving learning model, direct learning model, contextual learning approach, and contruktivism learning approach. The dependent variable of the study was learning outcomes of Chemistry. Data were collected using test of learning achievement. Learning outcomes of students in the first class , the learning model of problem solving with a constructivist approach has an average of 75,00. In the second class which uses direct instructional model with a constructivist approach gained an average of 76,49. While in the third grade with a model of learning problem solving with contextual approach gained an average of 76,67. In the fourth class that uses direct instructional model with contextual approach gained an average of 70,45. Results of hypothesis testing using anava two lines with the aid of a computer program SPSS demonstrate significant value to influence learning model of 0,014 and to influence the learning approach with significant value of 0,046. This shows that the H0 and H1 was accepted and then accepted models of learning and teaching approaches affect learning achievment. Learning model for interaction with the learning approach with significant value of 0,000. Indicates H0 was rejected and H1 was accepted and affect the learning outcomes of students in class XI IPA 1 SMA Negeri 1 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Jun 2016 05:39
Last Modified: 15 Nov 2016 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item View Item