Pengembangan Perangkat Penilaian Diri (Self Assessment) Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Studi pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan).

Febriyanti, Febriyanti (2015) Pengembangan Perangkat Penilaian Diri (Self Assessment) Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Studi pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan). S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
FEBRIYANTI..docx

Download (12kB)

ABSTRAK FEBRIYANTI. Pengembangan Perangkat Penilaian Diri (Self Assessment) Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Studi pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan). (Dibimbing oleh Muharram dan Ramdani). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat penilaian diri (self assessment) peserta didik melalui penerapan model pembelajaran langsung studi pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Proses pengembangan yang dilakukan mengacu pada model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) tahap pendefinisian; melakukan analisis awal akhir, analisis peserta didik, analisis materi, analisis tugas, dan perumusan tujuan pembelajaran, (2) tahap perancangan; membuat perangkat yang dikembangkan yang meliputi kegiatan pemilihan media, pemilihan format, dan perancangan awal, (3) tahap pengembangan; melakukan validasi oleh pakar dan melakukan uji coba terbatas terhadap perangkat, dan (4) tahap penyebaran; melakukan sosialisasi kepada guru kimia. Produk akhir yang diperoleh berupa Buku Penilaian Diri Peserta Didik dan Lembar Latihan Mandiri. Perangkat yang dikembangkan telah melalui proses validasi oleh validator dengan mengalami revisi sehingga memenuhi kriteria valid dan layak digunakan, dan dilakukan uji coba di lapangan yaitu di SMA Negeri 11 Makassar yang meliputi pelaksanaan perangkat penilaian diri yaitu diperoleh hasil dengan kategori sebagian besar terlaksana. Dengan begitu, berdasarkan kualitas perangkat, hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat penilaian diri (self assessment) peserta didik melalui penerapan model pembelajaran langsung pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan. ABSTRACT FEBRIYANTI. 2013. The Development of Self Assesment Instrument of Students through the Implementation of Direct Instruction Model (A Study on Solubility and Solubility Product Subject Material) (Supervised by Muharram and Ramdani) The study was a development research, which aimed at developing self assessment instrument of students through the implementation of direct instruction model on solubility and solubility product subject material which fulfilled the criteria of valid and practical. The development process referred to 4-D development model which consisted of four phases, namely: (1) definition phase; which pre and post analysis were conducted students analysis, material analysis, task analysis, and formulation of learning objectives, (2) design phased; which created the instrument developed included media selection, format selection, and prior design, (3) development phased; which conducted validation by the experts and conducted limited tryouts toward the instrument, and (4) dissemination phase; which conducted socialization to Chemistry teachers. The final products of the study were student’s self assessment book and student’s workbook. The instrument developed was already validated and revised by the experts and has fulfilled the criteria of valid and feasible to be used. The field test was conducted at SMAN 11 Makassar which covered the implementation of self assessment instrument and the result indicated that the category was mostly implemented. Thus, based on the quality of the instrument, the study indicated that the self assessment instrument of students by implementing direct instruction model on solubility and solubility product subject material has fulfilled the criteria of valid and practical.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Jun 2016 05:39
Last Modified: 14 Nov 2016 01:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/761

Actions (login required)

View Item View Item