Studi Tentang Pengelolaan Kelas di SMP Negeri 13 Kota Makassar

Mulyati, Mulyati (2015) Studi Tentang Pengelolaan Kelas di SMP Negeri 13 Kota Makassar. Diploma thesis, FIP.

[img] Text
3. BAB I.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji studi tentang pengelolaan kelas di Sekolah SMP Negeri 13 Kota Makassar. Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah gambaran pengeloaan kelas di SMP Negeri 13 Kota Makassar? Berdasarkan fokus penelitian tersebut, selanjutnya yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengelolaan kelas di SMP Negeri 13 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yakni menggambarkan fenomena yang diteliti tentang pengelolaan kelas, yang menjadi unit analisis dalam penelitian ini yaitu Guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: studi pengelolaan kelas di SMP Negeri 13 Kota Makassar yaitu pendekatan sosio emosional dan pendekatan pengubah tingkah laku, pendekatan sosio emosional terbagi atas empat aspek yaitu: tipe kepemimpinan, sikap guru, suara guru, dan hubungan interpersonal. Dan untuk pendekatan pengubah tingkah laku terbagi atas empat aspek yaitu: memberikan penguatan positif, pemberian hukuman, pemberian penundan/ penghapusan, dan memberikan penguatan negatif. Berdasarkan rangkuman hasil analisis data kuesioner/angket pengelolaan kelas di SMP Negeri 13 Kota Makassar menunjukkan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Apr 2018 05:50
Last Modified: 18 Apr 2018 05:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7604

Actions (login required)

View Item View Item