Analisis Budaya Sekolah ( Studi kasus Di SMP 3 Sinjai barat).

Ammase, Ammase (2015) Analisis Budaya Sekolah ( Studi kasus Di SMP 3 Sinjai barat). S1 thesis, FIP.

[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji Studi tentang Budaya Sekolah Di SMPN 3 Sinjai Barat. Fokus penelitian ini adalah bagaimana Budaya Sekolah di SMP Negeri 3 Sinjai Barat ??? Berdasarkan fokus penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Budaya Sekolah di SMPN 3 Sinjai Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu berusaha menggambarkan fenomena yang diteliti dalam bentuk deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Budaya sekolah sendiri memberikan gambaran tentang sistem yang berlaku didalam lingkungan sekolah, bertindak dan menyelesaikan masalah dalam segala urusan di lingkungan sekolahnya, budaya sekolah juga merupakan sekumpulan nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian yang dipraktekkan oleh warga sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pemahaman tentang budaya sekolah sesungguhnya tidak lepas dari konsep dasar tentang budaya itu sendiri. konsep budaya ternyata telah mengalami pergeseran makna. Sebagaimana pemahaman sebagian orang, mereka berpendapat bahwasanya budaya hanya meliputi segala manifestasi dari kehidupan manusia yang berbudi luhur dan yang bersifat rohani, bahwa saat ini budaya dapat diartikan segala aktifitas yang berkaitan dengan nilai yang terdapat dalam lingkup sebuah institusi ataupun dalam lingkungan masyarakat luas. Yang mana budaya itu sendiri melandasi sikap dan perilaku yang terjadi didalam masyrakat umum.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Apr 2018 05:17
Last Modified: 18 Apr 2018 05:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7598

Actions (login required)

View Item View Item