Analisis Keefektifian Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Kota Makassar

KASMAWATI, KASMAWATI (2015) Analisis Keefektifian Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Kota Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
KASMAWATI.docx

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penguasaan guru terhadap inovasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013, tingkat pendidikan guru, keefektifan pembelajaran berbasis kurikulum 2013, dan kaitan antara penguasaan terhadap inovasi pembelajaran dan tingkat pendidikan guru dengan keefektifan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-korelasional yang bersifat satu arah. Variabel penelitian yaitu: penguasaan guru terhadap inovasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 (X1) dan tingkat pendidikan guru (X2) sebagai variabel bebas, dan keefektifan pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 sebagai variabel terikat. Populasi penelitian yaitu seluruh guru Sekolah Dasar Kota Makassar yang mengajarkan materi berdasarkan kurikulum 2013 sebanyak 17 Sekolah Dasar, kemudian ditarik sampel secara cluster sampling sebanyak 5 kecamatan dengan kategori terdekat, sedang, dan jauh sebanyak 6 sekolah dengan guru sebanyak 56 orang sebagai responden. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan pengolahan data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan korelasi product moment, korelasi ganda, dan uji t. Hasil penelitian yaitu: (1) tingkat penguasaan guru terhadap inovasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Kota Makassar tergolong baik, (2) tingkat pendidikan guru di Sekolah Dasar Kota Makassar sebagian besar lulusan Strata Satu (S-1), (3) keefektifan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Kota Makassar tergolong efektif, dan (4) ada korelasi positif yang signifikan baik secara parsial maupun bersama-sama antara penguasaan guru terhadap inovasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 dan tingkat pendidikan guru dengan keefektifan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di sekolah dasar Kota Makassar. Artinya, semakin baik tingkat penguasaan guru terhadap inovasi pembelajaran berbasis kurukulum 2013 dan didukung oleh tingkat pendidikan guru, maka semakin efektif pula proses pembelajaran berbasis kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Apr 2018 03:25
Last Modified: 18 Apr 2018 03:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7591

Actions (login required)

View Item View Item