Kinerja Guru Ditinjau dari Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Supervisi Klinis Kepala Sekolah pada SMA/SMK Kecamatan Bububawa Kabupaten Seram Bagian Timur

SUSANTI, ENY (2016) Kinerja Guru Ditinjau dari Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Supervisi Klinis Kepala Sekolah pada SMA/SMK Kecamatan Bububawa Kabupaten Seram Bagian Timur. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.doc

Download (276kB)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (i) memperoleh gambaran kinerja guru, hasil pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah, dan hasil pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah; (ii) mengetahui hubungan antara hasil pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dan supervisi klinis kepala sekolah dengan kinerja guru di SMA/SMK Negeri Kecamatan Bububawa Kabupaten Seram Bagian Timur. Jenis penelitian expost facto dengan metode survey. Populasi penelitian adalah semua guru PNS yang mengajar di SMA/SMK Negeri di Kecamatan Bububawa Kabupaten Seram Bagian Timur pada tahun pelajaran 2014/2015. Sampel sebanyak 85 orang guru diambil secara proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner skala model likert modifikasi Agung dan menggunakan analisis regresi sederhana, regresi ganda dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) kinerja guru dan hasil pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah umumnya berada pada kategori baik sedangkan hasil pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah umumnya berada pada kategori cukup; (ii) hasil pelaksanaan supervisi akademik pengawas memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 12,3%; (iii) hasil pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 13,1%; (iv) hasil pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dan hasil pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 20,5 %; dan (v) hasil pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dan hasil pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah secara parsial memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Apr 2018 03:05
Last Modified: 18 Apr 2018 03:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7589

Actions (login required)

View Item View Item