Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah yang Terintegrasi dengan Budaya Bugis Makassar

ErNAWATI, R (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah yang Terintegrasi dengan Budaya Bugis Makassar. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ERMI SURYANI A.docx

Download (14kB)

ABSTRAK Ernawati R,. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah yang Terintegrasi dengan Budaya Bugis Makassar. 2013. (Dibimbing oleh Prof. Dr. Sudding, M.Si dan Drs. Munir Tanrere, M.Pd) Penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kimia berbasis masalah yang terintegrasi dengan budaya Bugis Makassar, meliputi Buku Siswa, Lembar Kerja Siswa, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Uji coba terbatas dilaksanakan pada kelas X9 SMA Negeri 1Bontomarannu Kabupaten Gowa dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Prosedur pengembangan menggunakan model Thiagarajan atau model 4-D yang dimodifikasi meliputi empat tahap, yaitu define (pembatasan), design (perancangan), tahap develope (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh 2 orang ahli dan mengalami beberapa kali revisi sehingga didapatkan hasil yang valid dan layak untuk digunakan. Hasil ujicoba terbatas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif dan praktis dimana (1) ketuntasan klasikal tercapai, sesuai dengan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 76,27 dari skor ideal 100, dimana 26 dari 30 siswa atau 86,67% memenuhi ketuntasan individu; (2) Tingkat kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran dapat dipertahankan dengan nilai KG 3,34. (3) siswa memberikan respon yang positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan dengan rata-rata 83,98%; (4) Nilai rata-rata total keterlaksanaan perangkat pembelajaran adalah 1.842, nilai ini berada pada kategori “terlaksana seluruhnya (5) Secara garis besar pengembangan nilai-nilai budaya Bugis Makassar yang meliputi nilai budaya siri’, pacce, abbulosibatang dan sipakatau mulai terlihat dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat. ABSTRACT ERNAWATI R. 2013. Development of Problem-based Learning Package of Chemistry Integrated with Bugis Makassar Culture (supervised by Sudding and Munir Tanrere). This study was a Research and Development which aimed at developing problem- based learning package of Chemistry which integrated with Bugis Makassar culture. The learning package produced consisted of student’s book, student’s workbook, and lesson plan. The limited tryout was conducted to grade X9 at SMAN 1 Bontomarannu in Gowa district with as many as 30 people. The development procedure used Thiagarajan’s model or 4-D model which modified into four stages, namely defining stage, design stage, development stage, and dissemination stage. The learning package developed was validated by two experts and had several revisions which would produce a valid and feasible to be used learning package. The results of limited tryout indicated that the learning package developed was effective and practical that (1) the classical mastery was achieved based on the average of students' learning outcomes 76.27 from the ideal score 100 where 26 out of 30 students or 86,67 % have met the individual mastery; (2) the level of teacher competence in managing the learning process could be maintained by KG 3.34; (3) students gave positive response toward the learning package used with the average 83.98°/0; (4) the average score of the total implementation of leaming package was 1.842, which was in completely implemented category; (5) the development of Bugis Makassar culture values included siri', pacce, abbulosibatang, and sipakatau started to appear in the first meeting up to the fourth meeting

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: FMIPA > KIMIA - (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Jun 2016 05:38
Last Modified: 14 Nov 2016 01:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/758

Actions (login required)

View Item View Item