Penerapan Nilai-Nilai Kalo Sara pada Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMAN 1 Tanggetada Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka

Hadijah, Andi (2015) Penerapan Nilai-Nilai Kalo Sara pada Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMAN 1 Tanggetada Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Andi Hadijah.docx

Download (59kB)

Abstract

Lokasi penelitian ini dipusatkan di SMA Negeri 1 Tanggetada Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan melibatkan wakasek, kepala tata usaha dan 2 orang guru sebagai informan lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode kualitatif dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu: reduksi data, penyajian data, pemeriksaan keabsahan data. Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui strategi penerapan nilai-nilai Kalo Sara pada kepemimpinan kepala sekolah SMA Negeri 1 Tanggetada, (ii) untuk mengetahui dampak penerapan nilai-nilai Kalo Sara terhadap manajemen sekolah pada kepemimpinan kepala sekolah SMA Negeri 1 Tanggetada, dan (iii) untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat penerapan nilai-nilai Kalo Sara pada kepemimpinan kepala sekolah SMA Negeri 1 Tanggetada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Kalo Sara pada kepemimpinan kepala sekolah SMA Negeri 1 Tanggetada ditinjau dari: (1) strategi penerapan nilai-nilai Kalo Sara pada kepemimpinan kepala sekolah SMAN 1 Tanggetada karena adanya ; (a) kepala sekolah sebagai Educator (pendidik), (b) sebagai Manajer; (c) sebagai Administrator; (d) Supervisor; (e) Leader (pemimpin); (f) Pencipta Iklim Kerja; (g) wirausahawan. (2) dampak penerapan nilai-nilai Kalo Sara terhadap manajemen sekolah pada kepemimpinan kepala sekolah , meliputi dampak terhadap; (a) kepala sekolah sebagai penggerak manajemen sebuah sekolah, (b) tercapainya tujuan sebuah lembaga pendidikan yang telah direncanakan dan dilaksanakan oleh kepala sekolah, guru, dan siswa, serta siswa. (3)faktor pendukung dan penghambat penerapan nilai-nilai Kalo Sara meliputi faktor-faktor; (a) pendukung, pemahaman seluruh guru akan pentingnya nilai-nilai Kalo Sara, rasa persatuan, persaudraan dan kesamaan visi dan misi (b) penghambat (internal) faktor internal yaitu masih kurangnya perhatian pemerintah dalam melestarikan nilai-nilai Kalo Sara dan minimnya kerja sama pemerintah dengan pengelolah sekolah dalam menanamkan nilai-nilai Kalo Sara terhadap siswa, (eksternal) yaitu kurangnya perhatian masyarakat terhadap nilai-nilai Kalo Sara dan pola gaya hidup modern masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Apr 2018 02:06
Last Modified: 18 Apr 2018 02:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7578

Actions (login required)

View Item View Item