Pengembangan Model Bimbingan Belajar Accelerated Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone.

Ahmad, Yusuf (2015) Pengembangan Model Bimbingan Belajar Accelerated Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
AHMAD YUSUF..docx

Download (16kB)

ABSTRAK AHMAD YUSUF. Pengembangan Model Bimbingan Belajar Accelerated Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone. (dibimbing oleh Dr.Abdul Saman,M.Si,Kons dan Dr. Asniar Khumas, M.Si). Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan model bimbingan belajar accelerated learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui gambaran kebutuhan siswa terhadap pengembangan model bimbingan belajar accelerated learning di SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone. (2) Mengetahui gambaran uji kelayakan dan keberterimaan model bimbingan belajar accelerated learning di SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone. (3) Mengetahui gambaran model bimbingan belajar Accelerated Learning yang dikembangkan. (4) Mengetahui pengaruh penerapan model bimbingan belajar accelerated learning terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembagan (research and development). Subjek penelitian terdiri dari subjek uji ahli yaitu ahli bimbingan dan konseling, ahli desain, ahli praktisi di lapangan serta siswa kelas X SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone pada tahun ajaran 2013/2014. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif, kuantitatif dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan model bimbingan belajar accelerated learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sangat dibutuhkan di SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone. (2) Pengembangan model bimbingan belajar accelerated learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mendapat skala penilaian tinggi, yaitu dapat diterima dan layak untuk digunakan di SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone. (3) Pengembangan model bimbingan belajar accelerated learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang dikembangkan berupa buku panduan yang terdiri aspek tujuan, sasaran, sarana pendukung, peran konselor, prosedur pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. (4) Penerapan model bimbingan belajar accelerated learning memiliki pengaruh terhadap tingkat motivasi belajar siswa yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone. vi ABSTRACT AHMAD YUSUF. 2014. The Development of Accelerated Learning Tutoring Model to Improve Student Motivation in SMA 1 Kahu, Bone (supervised by Abdul Saman and Asniar Khumas). This study examines the development of accelerated learning tutoring model to increase’ motivation in SMA 1 Kahu, Bone. The purpose of this study was (1) to determine an overviewof student’ needs through the development of accelerated leaning tutoring model in SMA Negeri 1 Kahu, Bone; (2) to determine the feasibility and acceptability of accelerated learning tutoring model in SMA Negeri 1 Kahu, Bone; (3) to examine the description of accelerated learning tutoring model on student’ motivation in SMA 1 Kahu, Bone. This study used a research and development approach. Research subjects consisted of guidance and counseling experts, design experts, expert practitioners in the field, as well as the tenth grade students of SMA 1 Kahu, Bone of academic year of 2013/2014. Data were collected by using the instrument scale and interviews and were analyzed using analysis data of qualitative, quantitative and t-test. The results show that: (1) the development of accelerated leaning tutoring model to increase students’ motivation is needed in SMA 1 Kahu, Bone; (2) the gets a high rating scale, which is acceptable and feasible to use in SMA 1 Kahu, Bone; (3) the development of accelerated learning tutoring model to improve student motivation developed a guidebook which comprises aspects of goals, objectives, means of support, the role of counselor, procedure implementation, and evaluation of activities; (4) the application of accelerated learning tutoring models have an influence on the students’ motivation levels, in which can increase motivation of the tenth grade student of SMA 1 Kahu, Bone.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Jun 2016 05:38
Last Modified: 27 Jun 2016 05:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/756

Actions (login required)

View Item View Item