. Keefektifan Penerapan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMK Negeri 2 Parepare

DANIEL, DARWIS (2015) . Keefektifan Penerapan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMK Negeri 2 Parepare. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel jurnal penelitian.docx

Download (120kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis pra eksperimen dengan desain satu kelompok pretest-postest (The One Grup Pretest-Postest), yang bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan awal matematika siswa sebelum diajar dengan model pembelajaran discovery learning (2) mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning (3) mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran discovery learning dalam materi matriks pada siswa kelas X Jurusan Tehnik Bangunan SMK Negeri 2 Parepare. Satuan eksperimen penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Tehnik Bangunan SMK Negeri 2 Parepare semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 4 kelas pararel. Kemudian terpilih satu yakni kelas TBB.B. SMK Negeri 2 Parepare yang berjumlah 17 orang diberi perlakuan penerapan model discovery learning. Data peneltian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan angket. Indikator keefektifan pembelajaran dalam penelitian ini adalah (1) hasil belajar, (2) aktifitas siswa, (3) kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan (4) respon siswa. Jika keempat indikator menunjukkan hasil yang positif, maka pembelajaran dikategorikan efektif. Berdasarkan analisis statistika deskriptif dan inferensial menggunakan uji T diperoleh (1) hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal yaiy 94% diatas 80% ketuntasan ideal; (2)aktifitas siswa berada pada kategori baik yaitu 84%; (3)respons siswa sebesar 90% berarti respons siswa positif; dan (4) aktifitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu 4,40. Dari hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai signifikan , hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima yaitu penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam materi matriks pada siswa kelas X TBB.B. SMK Negeri 2 Parepare efektif dan rata-rata nilai gain signifikan 0,29 hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Apr 2018 06:43
Last Modified: 16 Apr 2018 06:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7555

Actions (login required)

View Item View Item