Pengembangan Modul Layanan Klasikal Bimbingan Sosial Untuk Penyesuaian Sosial Siswa Kelas Akselerasi Di SMA Negeri 2 Pangkep

Sulkioli, sulkioli (2015) Pengembangan Modul Layanan Klasikal Bimbingan Sosial Untuk Penyesuaian Sosial Siswa Kelas Akselerasi Di SMA Negeri 2 Pangkep. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SULKIPLI..doc

Download (28kB)

ABSTRAK SULKIPLI. Pengembangan Modul Layanan Klasikal Bimbingan Sosial Untuk Penyesuaian Sosial Siswa Kelas Akselerasi Di SMA Negeri 2 Pangkep (dibimbing oleh Farida Aryani dan Kulasse Kanto). Rumusan masalah pada penelitian ini (i) bagaimanakah prototipe modul layanan klasikal bimbingan sosial untuk penyesuaian sosial siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 2 Pangkep? (ii) Apakah panduan modul layanan klasikal bimbingan sosial efektif untuk penyesuaian sosial siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 2 Pangkep? Tujuan penelitian ini adalah untuk (i) menemukan cara mengembangkan modul layanan klasikal bimbingan sosial untuk penyesuaian sosial siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 2 Pangkep (ii) untuk mengetahui apakah modul layanan klasikal bimbingan sosial yang dikembangkan efektif untuk penyesuaian sosial siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 2 Pangkep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and development) yang difokuskan untuk mengembangkan modul bimbingan sosial untuk penyesuaian sosial siswa kelas akselerasi, perangkat pendukung berupa materi layanan klasikal bimbingan sosial dan lembar kegiatan siswa. Modul pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan menurut Borg and Gall yang kemudian diadaptasi dan dimodifikasi menjadi beberapa tahap yaitu tahap pra pengembangan produk, pengembangan produk dan pasca pengembangan produk. Pengembangan modul bimbingan sosial telah divalidasi oleh tiga orang ahli/pakar dengan mengalami revisi sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul layanan klasikal bimbingan sosial untuk penyesuaian sosial siswa kelas akselerasi di SMA Negeri 2 Pangkep yang dikembangkan telah memenuhi Kriteria: (1) valid berdasarkan penilai validator, (2) dilakukan penilaian Akseptabilitas; kegunaan (Utility), kelayakan (Feasibility) dan ketepatan (Accuracy) oleh tim ahli penilai, (3) hasil bimbingan sosial siswa kelas akselerasi menghasilkan produk modul layanan klasikal bimbingan sosial untuk penyesuaian sosial siswa kelas akselerasi. Kata Kunci: Model, Bimbingan Sosial, Penyesuaian Sosial, SMA

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Jun 2016 05:38
Last Modified: 27 Jun 2016 05:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item View Item