Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas VII-F SMP Negeri 2 Majene.

WAHYUNI, WAHYUNI (2014) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas VII-F SMP Negeri 2 Majene. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL ATAU JURNAL TESIS WAHYUNI.docx

Download (143kB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu kendala dalam pembelajaran matematika yang dialami oleh peserta didik yaitu sikap negatif terhadap pelajaran matematika, mereka menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit dipahami, sehingga mereka tidak termotifasi untuk mempelajarinya. Dengan adanya perubahan kurikulum maka setiap guru mata pelajaran harus menyesuaikan diri dengan menggunakan cara mengajar yang inovatif. Salah satu model pembelajaran yang relevan dengan kurikulum 2013 yaitu model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik. Pola atau model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran harus dapat membuat matematika terasa mudah dan menyenangkan. Pembelajaran matematika hendaknya berusaha dikaitkan seoptimal mungkin dengan kehidupan nyata sehingga bermakna dalam kehidupan peserta didik dan tidak lagi bersifat abstrak. Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah (i) Bagaimana proses pembelajaran model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Majene? (ii) Apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika pada peserta didik kelas VII-F SMP Negeri 2 Majene Adapun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik pada peserta didik kelas VII-F SMP Negeri 2 Majene. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (i) proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada peserta didik kelas VII-F SMP Negeri 2 Majene dengan cara mengikuti langkah-langkah pembelajaran atau sintaks model pembelajaran berbasis masalah, namun pada setiap fasenya ada tahap-tahap pendekatan saintifik. (ii) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada peserta didik kelas VII-F SMP Negeri 2 Majene. Hal ini dapat terlihat dari data aktivitas siswa yang mengalami peningkatan, dan juga hasil belajar siswa mengalami peningkatan, begitu juga dengan skor rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dan respon siswa terhadap model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik ini sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Apr 2018 02:01
Last Modified: 16 Apr 2018 02:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7544

Actions (login required)

View Item View Item