Pengaruh latihan regulasi diri dalam bimbingan kelompok Terhadap kedisiplinan siswa di SMK Negeri 2 Pinrang

RASMIDAH, RASMIDAH (2015) Pengaruh latihan regulasi diri dalam bimbingan kelompok Terhadap kedisiplinan siswa di SMK Negeri 2 Pinrang. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
RASMIDAH.docx

Download (16kB)

ABSTRAK RASMIDAH. 2015 Pengaruh latihan regulasi diri dalam bimbingan kelompok Terhadap kedisiplinan siswa di SMK Negeri 2 Pinrang. Dibimbing oleh Prof. Dr. Alimuddin Mahmud, M. Pd dan Dr. Kustiah Sunarty, M.Pd Penelitian ini menelaah Pengaruh Latihan Regulasi Diri (Self Regulation) dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Kedisiplinan Siswa di SMK Negeri 2 Pinrang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI dengan jumlah 16 orang. Masalah dalam penelitian ini adalah kedisiplinan siswa ketika disekolah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran penerapan latihan regulasi diri dalam bimbingan kelompok sebagai upaya untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK Negeri 2 Pinrang? (2) Bagaimana gambaran kedisiplinan siswa sebelum dan sesudah pemberian latihan regulasi diri dalam bimbingan kelompok di SMK Negeri 2 Pinrang? (3) Apakah ada pengaruh latihan regulasi diri dalam bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa di SMK Negeri 2 Pinrang? Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan latihan regulasi diri dalam bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa di SMK Negeri 2 Pinrang. (2) Untuk mengetahui gambaran kedisiplinan siswa sebelum dan sesudah pemberian latihan regulasi diri dalam bimbingan kelompok di SMK Negeri 2 Pinrang. (3) Untuk mengetahui pengaruh latihan regulasi diri dalam bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa di SMK Negeri 2 Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis Penelitian adalah Eksperimen ( Pre-Experimental Desings). Desain Experimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Designs. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Latihan regulasi diri dalam bimbingan kelompok pada siswa di SMK Negeri 2 Pinrang dilaksanakan sebanyak 5 tahapan yaitu pembentukan hubungan,membahas pentingnya kedisiplinan, konseptualisasi masalah, latihan regulasi diri (penentuan target perilaku), evaluasi diri dan memberikan pekerjaan rumah. (2) Tingkat kedisiplinan siswa di SMK Negeri 2 Pinrang sebelum diberi latihan regulasi diri berada pada kategori rendah dan setelah diberi latihan regulasi diri berada pada kategori tinggi. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan latihan regulasi diri dalam bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa di SMK Negeri 2 Pinrang. ABSTRACT RASMIDAH, 2015. The Influence of Self-Regulation Training in Group Guidance towards Students` Discipline at SMK 2 Pinrang ( Supervised by Alimuddin Mahmud and Kustiah Sunarty) The study examined the influence of Self-Regulation training in gruop guidance towards students discipline at SMKN 2 Pinrang. The objectives of the study were to discover (1) the description of the implementation of self-regulation training in group guidance towads students descipline at SMKN 2 Pinrang, (2) the description before and after the implementation of self-regulation training in group guidance towards students dicipline at SMKN 2 Pinrang, and (3) the influence of self-regulation training in group guidance towards students` discipline at SMKN 2 Pinrang. This research employed qustitative research. The study used Pre-Experimental design with One-Group Pretest-Posttest design. The population of the study was 24 people and the sample s were 16 people. Data were collected by employing questionnaire and observation. The data were analysis by employing descriptive statistic analysis and inferenstial statistic analysis the results of the study revealed that (1) the self-regulation trainning for the students at SMKN 2 Pinrang was conacted in five recetangs, samely relationship formation, discipline discussion, problemconceptualization, self-regulation training, self evaluation, and homework assignment (2) the level of students` discipline atSMKN 2 Pinrangwas in low category beforeimplementing sel-regulation training and it was in high category after implementing the training, and (3) self- regulation training gave positive and significant influence on the studens` discipline at SMKN 2 Pinrang.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Jun 2016 05:38
Last Modified: 27 Jun 2016 05:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item