Penerapan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di SMPN 3 Parepare

nurmadinah, nurmadinah (2015) Penerapan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di SMPN 3 Parepare. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nurmadinah..docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Nurmadinah. 2015. Penerapan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di SMPN 3 Parepare (dibimbing oleh Farida Aryani dan Abdullah Pandang). Penelitian ini mengkaji tingkat keterampilan berkomunikasi siswa di SMPN 3 Parepare dengan teknik sosiodrama. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk memperoleh gambaran keterampilan berkomunikasi siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik sosiodrama di SMP Negeri 3 Parepare, 2) Untuk mengetahui penerapan teknik sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di SMP Negeri 3 Parepare.Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang akan mengkaji tentang penerapan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di SMPN 3 Parepare. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental desingn, jenis desain One-Group Pretest-Posttest Designs. Populasi penelitian ini sebanyak 32 siswa dan jumlah sampel sebanyak 20 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Gambaran keterampilan komunikasi siswa di SMP Negeri 3 Parepare pada kelompok eksperimen sebelum diberikan perlakuan berupa teknik sosiodrama berada pada kategori rendah, setelah diberikan perlakuan berupa teknik sosiodrama berada pada kategori sangat tinggi. 2) Penerapan teknik sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa di SMPN 3 Parepare, artinya semakin diberi perlakuan berupa teknik sosiodrama, maka akan diikuti dengan meningkatnya keterampilan komunikasi siswa. ABSTRACT Nurmadinah. 2015. The application of techniques sociodramas to improve communication skills of students in SMPN 3 Parepare (guided by Farida Aryani and Abdullah Pandang). This study examines the level of communication skills of students in SMPN 3 Parepare with sociodrama techniques. The purpose of this study is 1) To obtain a picture communication skills of students before and after sociodramas techniques in SMP Negeri 3 Pare Pare, 2) To determine the application of the technique sociodramas can improve communication skills of students in SMP Negeri 3 Parepare.Pendekatan research is quantitative with the type of research experiments that will study about the application of techniques to improve communication skills sociodramas students in SMPN 3 Pare Pare. The study design used is Pre-Experimental desingn, this type of design One-group pretest-posttest Designs. The study population were 32 students and the number of samples of 20 students. The results showed: 1) The description of the communication skills of students in SMP Negeri 3 Pare Pare in the experimental group before treatment is given in the form of sociodramas techniques that are in the low category, after being given such treatment sociodramas techniques are at very high category. 2) The application of techniques sociodramas can improve the communication skills of students in SMPN 3 Parepare, which means that the treated form sociodramas techniques, it will be followed by increasing communication skills of students.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Jun 2016 05:38
Last Modified: 27 Jun 2016 05:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item View Item