Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam pada Kelas X SMA Negeri 3 Palopo

ENDARWATY, DEWI (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam pada Kelas X SMA Negeri 3 Palopo. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal.docx

Download (3MB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk (1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran geografi pada materi mitigasi dan adaptasi bencana alam, dan (2) mengetahui tingkat validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran geografi pada materi mitigasi dan adaptasi bencana alam. Prosedur penilaian dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Dick & Carey yang terdiri dari tiga tahapan yaitu, tahap identifikasi, tahap pengembangan, dan tahap ujicoba & evaluasi. Tahap identifikasi mencakup (1) menuliskan tujuan pembelajaran umum, (2) melakukan analisis instruksional, (3) mengidentifikasi karakteristik siswa. Tahap pengembangan mencakup (1) merumuskan tujuan instruksional khusus, (2) menyusun tes acuan patokan, (3) menyusun strategi pembelajaran, (4) mengembangkan media pembelajaran. Sedangkan pada tahap ujicoba dan evaluasi mencakup (1) merancang dan melakukan evaluasi formatif, (2) melakukan revisi, (3) melakukan ujicoba terhadap media pembelajaran yang telah direvisi Perangkat dan instrument yang digunakan dalam penelitian ini telah melalui proses validasi oleh validator ahli media dan ahli materi meliputi media pembelajaran yang dikembangkan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), modul siswa, angket penelitian dan soal pre-post test. Ujicoba dilakukan di SMA Negeri 3 Palopo pada siswa kelas X-D. Hasil yang diperoleh pada ujicoba tersebut adalah media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efisien. Artinya bahwa media pembelajaran tersebut dapat dipergunakan dalam proses pembelajaran. Sebagai implikasi yang diperoleh dari penelitian ini, disarankan: (1) bagi peneliti yang berminat mengembangkan lebih lanjut penelitian ini diharapkan mencermati keterbatasan penelitian ini, (2) pengembangan media pembelajaran geografi sebaiknya dikembangkan juga pada materi yang lain agar dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Kependudukan dan Lingk. Hidup (s2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 08:07
Last Modified: 13 Apr 2018 08:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7518

Actions (login required)

View Item View Item