Persepsi guru terhadap uji kompetensi guru di SMA Negeri 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai

Amalia, A. Febriana (2014) Persepsi guru terhadap uji kompetensi guru di SMA Negeri 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Diploma thesis, FIS.

[img] Text
9 Bab I-IV.docx

Download (132kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap pelaksanaan Uji Kompetensi Guru di SMA Negeri 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai dan kendala guru terhadap pelaksanaan Uji Kompetensi Guru di SMA Negeri 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tipe deskriptif. Adapun pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang digunakan untuk guru yaitu mengajar di SMA Negeri 1 Sinjai Utara sebagai guru tetap, telah mengabdi selama 5 tahun di SMA Negeri 1 Sinjai Utara dan guru yang telah mengikuti Uji Kompetensi Guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap UKG mayoritas guru mendukung pelaksanaan UKG karena guru tersebut sadar akan tujuan dari UKG, hanya saja dari mayoritas guru yang mendukung pelaksanaan UKG ini sangat menyayangkan bahwa pelaksanaan UKG masih belum efektif. Indikator UKG dilihat dari kompetensi pedagogik dan professional bahwa pada umumnya guru sudah mengembangkan dan mengaplikasikannya sesuai dengan mata pelajaran dalam proses pembelajaran. Kendala guru SMA Negeri 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai dalam pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) yaitu pada umumnya guru terkendala pada soal-soal pedagogik dan masih banyaknya guru yang belum dapat mengoperasikan laptop/komputer mengingat pelaksanaan UKG secara online. Dalam hal ini tingkat kesukaran soal yang pada umumnya rumit, makna soal sulit dipahami sehingga guru mesti membaca soal berulang-ulang dan mengakibatkan guru merasa waktu ujian masih terlalu singkat, adanya gangguan pada jaringan koneksi internet yang lambat akses, umur informan yang pada umumnya sudah mendekati masa pensiun, kondisi fisik guru terganggu, mental guru yang belum siap dan banyak guru yang hanya mengharapkan contoh soal UKG dibagikan dari pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 08:00
Last Modified: 13 Apr 2018 08:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7517

Actions (login required)

View Item View Item