Model Pengembangan Berbahasa Berorientasi Cerita Rakyat Pada Anak Usia Dini di TK Al Fityan Kelas B8

NASARUDDIN R, NASARUDDIN R (2015) Model Pengembangan Berbahasa Berorientasi Cerita Rakyat Pada Anak Usia Dini di TK Al Fityan Kelas B8. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel nasar bahasa.docx

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model pengembangan berbahasa pada PAUD Al fityan. (2) Untuk mengetahui gambaran model hipotetik dalam pengembangan bahasa anak usia dini ,(3) Untuk mengetahui karakteristik model pengembangan berbahasa pada PAUD Al Fityani. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pengembangan berbahasa berorientasi cerita rakyat pada anak usia dini di TK Al Fityan Sungguminasa Kabupaten Gowa dengan model ADDIE yang dikembangkan dan dimodifikasi oleh Dick and Carry yang terdiri dari tiga tahapan yaitu analisys (analisa) , design (desain/perancangan) , dan development (pengembangan), dan telah dilakukan validasi ahli dan validasi empirik, (2) Hasil pengembangan perangkat pembelajaran dimana buku pedoman pembelajaran pengembangan berbahasa berorientasi cerita rakyat pada anak usia dini memiliki validitas rata rata 3,46 (kategori valid), Rencana Kegiatan Mingguan memiliki validitas rata rata 3,48 (kategori valid), Rencana Kegiatan Harian memiliki validitas rata rata 3,45 (kategori valid), Lembar Pengamatan Aktifitas Guru (LPAG) memiliki validitas rata rata 3,56 (kategori valid), Lembar Pengamatan Anak (LPA) memiliki validitas rata rata 3,34 (kategori valid), Lembar Pengelolaan Pembelajaran (LPPP) memiliki validitas rata rata 3,49 (kategori valid) . Kepraktisan perangkat pembelajaran dianalisis dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan kemampuan guru mengelola pembelajaran diperoleh dengan percentage of agreement 97%. Keefektifan dimana pada lembar penilaian perkembangan anak didik pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH) mendapat persentase 74% , Angket Respon Guru (ARG) diperoleh dengan presentase 90 % memberikan respon positif atau sangat baik. Dari pernyataaan di atas maka model pengembangan berbahasa berorientasi cerita rakyat pada anak usia dini di TK Al Fityan Sungguminasa Kabupaten Gowa dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 07:39
Last Modified: 13 Apr 2018 07:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7513

Actions (login required)

View Item View Item