Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Dengan Metode Kunjungan Lapangan Siswa Kelas X SMK Negeri Pancarijang Kab. Sidenreng Rappang

NURJAYA, CITRA SUKMA (2014) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Dengan Metode Kunjungan Lapangan Siswa Kelas X SMK Negeri Pancarijang Kab. Sidenreng Rappang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Citra.docx

Download (72kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan meningkatkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran menulis teks deskripsi dengan metode kunjungan lapangan siswa kelas X SMK Negeri 1 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif Kualitatif yang didesain melalui penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini adalah kemampuan menulis teks deskripsi. Data tersebut berupa data proses dan data hasil. Sumber data proses, yaitu proses interaksi antara guru dan siswa saat pembelajaran menulis teks deskripsi dengan metode kunjungan lapangan yang berlangsung setiap siklus. Sumber data hasil diperoleh dari hasil tes menulis teks deskripsi dengan siswa yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri atas tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran menulis teks deskripsi dengan metode kunjungan lapangan dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa Kelas X SMK Negeri 1 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Hasil pembelajaran menulis teks deskripsi dengan metode kunjungan lapangan siswa Kelas X SMK Negeri 1 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang meningkat dari siklus I, siklus II dan siklus III. Hasil pembelajaran pada siklus I dikategorikan sangat kurang dengan pencapaian ketuntasan belajar tidak mencapai 75%, yaitu hanya sekitar 37% atau 11 orang yang tuntas. Selanjutnya, pada siklus II sudah berada pada kategori baik yaitu dengan pencapaian ketuntasan belajar telah mencapai 73%, yaitu sekitar 73% atau 22 orang yang tuntas. Selanjutnya pada siklus III pada kategori sangat baik dengan tingkat persentase ketuntasan belajar mencapai 100% atau 30 siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 06:36
Last Modified: 13 Apr 2018 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7485

Actions (login required)

View Item View Item